Mohon tunggu...
Sari Oktafiana
Sari Oktafiana Mohon Tunggu... A mother of five kids who loves learning

Living in the earth with reason, vision, and missions...but I can't make everybody happy.

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup Pilihan

6 Cara Mudah Melihat Manajemen Sekolah yang Keren!

26 Maret 2017   09:48 Diperbarui: 26 Maret 2017   10:38 4409 1 0 Mohon Tunggu...

Cara Cepat Memotret Sebuah Sekolah

Saya terbiasa untuk mengelilingi dari satu sekolah ke sekolah lainnya, melihat dan memotret sekolah-sekolah baik untuk kebutuhan riset, belajar, fasilitasi dan tentunya mengurus anak-anak kita yang belajar di sekolah.  Ketika saya mengunjungi suatu sekolah ada hal-hal yang selalu saya perhatikan untuk melihat secara cepat dan sederhana kalau sekolah itu manajemennya oke atau tidak!  Baiklah hal itu bisa kita mulai dengan beberapa penjelasan berikut:

1. Perhatikan apakah satpam/petugas keamanan sekolah informatif dan ramah. 

Ketika kita mengunjungi sebuah sekolah, pintu gerbang sekolah yang pertama adalah petugas keamanan atau satpam. Pada poin ini perhatikan bagaimana informasi mengenai kebutuhan kita untuk mengunjungi sekolah tersebut apakah informatif, jelas dan ramah. Apabila tidak dan kurang ramah, dari sini kita dapat menyimpulkan bahwa sekolah tersebut belum optimal dalam mengelola informasi dan SDM, khususnya petugas keamanan. Karena petugas keamanan sekolah merupakan peran dan sosok yang tidak bisa kita remehkan, sebagai pintu masuk dan penjaga keamanan sekolah.

2. Petugas piket, admin atau resepsionis, apakah responsif dan komunikatif.

Setelah kita bertemu dengan satpam sekolah untuk melaporkan kebutuhan kita untuk mengunjungi sekolah, Kita akan diarahkan untuk menemui petugas piket, admin atau resepsionis di sekolah untuk meyampaikan kebutuhan kita. Disanalah kita akan mendapatkan informasi awalan mengenai sekolah tersebut. Perhatikan bagaimana petugas adminnya apakah dapat memandu dan memberi informasi dengan baik apa yang kita butuhkan. Kalaupun dia memiliki keterbatasan dalam memahami sekolahnya, apakah dia mengarahkan kita untuk memberitahu dengan siapa sebaiknya kkita bertemu atau memandu kita untuk menunggu selagi dia mencarikan informasi apa yang kita butuhkan dengan baik.

3. Perhatikan bagaimana respon guru atau staff sekolah yang kita temui.

Tentunya sebagai orang baru atau orang asing yang mengunjungi sebuah sekolah, kita sering bingung bahkan tidak tahu dengan siapa kita akan bertemu orang yang kita tuju, dimana posisi kantornya atau tempat duduknya. Tentunya kita akan bertanya kepada mereka yang menjadi warga sekolah, bisa jadi kita akan bertemu dnegan guru atau pun staff dari sekolah tersebut. Ketika kita bingung, kita akan bertanya, dari poin ini perhatikan bagaimana respon guru atau pun staff yang kita temui, apakah ramah, informatif, peduli dan mau membantu  kita sebagai orang asing yang membutuhkan bantuan.

4. Perhatikan bagaimana respon murid-muridnya.

Hmm...sekarang ini pemerintah sedang booming dengan pendidikan karakter, berbicara mengenai pendidikan, salah satu tujuan dari pendidikan adalah aspek sikap dan karakter. bagaimana dari aspek sikap dan karakter yang terlihat secara umum dari murid-murid sekolah tersebut. Anda tidak perlu masuk mengawasi dari satu kelas ke kelas lainnya tapi cukup ketika anda bingung dan merasa butuh bantuan di sekolah tersebut. Bertanyalah ke salah satu murid atau beberapa murid mengenai kebutuhan informasi yang anda butuhkan dan tuju. Bagaimana sikap dan respon murid-muridnya terhadap orang baru atau orang asing, dapat mencerminkan bagaimana sekolah dalam menanamkan nilai-nilai karakter di siswa-siswanya. Apabila bingung dan butuh informasi mengenai sekolah, cobalah bertanya kepada murid-muridnya, apakah mereka akan membantu dan peduli dengan anda? Kalau murid itu peduli dan mau membantu, kita sementara dapat menyimpulkan kalau salah satu aspek karakter yaitu kepedulian dan komunikasi telah tercapai di murid.

5. Perhatikan kerapian dan kebersihan sekolah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN