Mohon tunggu...
Fransiskus Sardi
Fransiskus Sardi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Belajar di Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, Program Filsafat

“Terhadap apa pun yang tertuliskan, aku hanya menyukai apa-apa yang ditulis dengan darah. Menulislah dengan darah, dan dengan begitu kau akan belajar bahwa darah adalah roh” FN

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Ulang Tahun dan Sepak Bola Anak Manusia

30 September 2021   00:21 Diperbarui: 30 September 2021   00:43 89 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Gambar bola dari Intenet, Detikcom

To: Eja Kevin dan Maun Ado

Selamat ulang tahun untuk teman saya yang fanatik mendukung Madrid (Eja Kevin dan Maun Ado). Sebagai teman angkatan yang pernah berada dalam satu rumah pembinaan, dari hati yang paling dalam, mewakili warga kota istimewa, saya ucapkan selamat ulang tahun. Kadonya, Madrid kalah di kandang melawan Sherif dalam J2 UCL. 

Sungguh kado ulang tahun yang membahagiakan dan menyakitkan  heheh. Cepat move on. Ada salam dari Fansnya Leo Messi-PSG dan Barcelona.

Saya pernah membaca satu tulisan filsafat stoa tentang perayaan ulang tahun. Bagi stoikisme, momen ulang tahun adalah kesempatan untuk mengambil ruang. Ruang untuk bersyukur, evaluasi, dan juga menata perjalanan hidup selanjutnya.

Mungkin hal itu juga yang perlu dilakukan oleh tim manajerial Madrid, mengambil ruang untuk bersyukur karena kalah, evaluasi, dan bersiap untuk menata pertandingan selanjutnya. 

Sama seperti  momen ulang tahun, mengambil ruang meditatif untuk bersyukur atas semua sejarah hidup yang telah dilalui selama tahun-tahun sebelumnya, evaluasi semua  peristiwa sejarah dari suka maupun duka, dan kemudian memulai perjalanan dengan gairah baru, semangat baru, untuk mencapai :Si Kuping Besar" -- kehidupan yang bahagia. Dalam bahasanya Maun Ado, mencapai eudaimonia.

Rasanya pas, kalau saya mengaitkan filsafat stoa dalam ucapan ulang tahun ini, karena stoa berbicara tentang mentalitas baja menghadapi penderitan. 

Seneca, salah seorang filsuf stoa, menulis demikian, "yang pantas dinyanyikan saat perayaan ulang tahun itu, bukanlah lirik '...panjang umurnya... panjang umurnya...' tetapi '...berkualitas umurnya... berkualitas umurnya...' karena hidup bukan tentang panjang dan pendek, tetapi sejauh mana hidup itu berkualitas". baca di sini

Saya pun mengamini dan meyakini bahwa Eja Kevin dan Maun Ado sudah memiliki kualitas hidup yang baik. Sekali lagi, selamat ulang tahun. HalaMadrid...hhhh. Visca El Barca, Viva La Pulga...hhh

Dok Pribadi, Eja Kevin 
Dok Pribadi, Eja Kevin 

Baca Juga Manusia dan Kerumitannya

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan