Mohon tunggu...
Eko Santoso
Eko Santoso Mohon Tunggu... Guru - Orang biasa

Hanya orang biasa yang suka belajar hal baru

Selanjutnya

Tutup

Bola

Curacao, Negara Kecil Lawan Timnas Indonesia

25 September 2022   11:30 Diperbarui: 25 September 2022   11:35 339 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bola. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Curacao, Negara Kecil Lawan Timnas Indonesia

Indonesia melawan Curacao pada FIFA Matchday, Sabtu, 24 September 2022 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Bandung, Jawa Barat. Pada pertandingan pertama tersebut Indonesia mampu unggul 3-2 atas Curacao. Selanjutnya, pertandingan kedua Indonesia melawan Curacao akan berlangsung di Stadion Pakansari, Bogor pada Selasa, 27 September 2022.

Tahukah kalian, jika masih banyak warga negara Indonesia yang penasaran dengan negara Curacao. Nah, pada kesempatan kali ini penulis akan menyampaikan sekilas profil negara Curacao yang dirangkum dari berbagai sumber.

Curacao Negara Pulau

Sebenarnya, Curacao adalah negara kepulauan, yaitu sebuah negara yang teritorial utamanya terdiri atas satu pulau. Curacao terletak di lepas Pantai Venezuela, tepatnya 60 km dari daratan Venezuela yang masuk dalam Benua Amerika.

Negara Curacao sendiri memiliki luas 444 km persegi. Curacao memiliki panjang 38 mil, lebar 7 mil pada titik terlebarnya dan 2-1/2 mil pada titik tersempitnya. Sebagai negara pulau di kepulauan ABC (Aruba, Bonaire, dan Curacao), luas negara Curacao hampir sama dengan luas Kota Palembang di Sumatra Selatan yang mencapai 400.6 km persegi.

Curacao merupakan bagian dari Antilen Kecil, yaitu rantai kepulauan yang panjang terbentang sekitar ujung barat Laut Karibia, di perbatasan darat dengan Samudra Atlantik.

Sejarah Negara Curacao

Negara Curacao awalnya dihuni oleh suku Indian Arawak dari Amerika Selatan. Curacao dikuasai oleh Belanda pada 1634 bersama dengan tetangga pulau, Bonaire. 

Setelah pusat perdagangan budak Karibia, Curacao terpukul oleh penghapusan perbudakan pada tahun 1863. Kemakmurannya (dan yang Aruba tetangga) pulih pada awal abad 20 dengan perubahan dari pulau pusat Industri Gula Rafinasi ke layanan ladang minyak yang baru ditemukan Venezuela.

Pada 1954, Curacao dan beberapa wilayah lainnya milik Belanda Karibia diatur dan dijadikan teritori Antilles Belanda, bagian dari Kerajaan Belanda. Dalam referendum tahun 2005 dan 2009, warga Curacao memilih untuk menjadi negara pemerintahan sendiri dalam Kerajaan Belanda.Perubahan status menjadi efektif pada bulan Oktober 2010 dengan pembubaran Antilles Belanda.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan