Mohon tunggu...
Santi Sintia
Santi Sintia Mohon Tunggu... Bismillah

Lahaula walaquwwa illahbillah

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

Kebersihan adalah Cermin Kesehatan

30 Desember 2019   09:52 Diperbarui: 30 Desember 2019   09:51 1774 0 0 Mohon Tunggu...

Kebersihan adalah upaya manusia untuk memelihara lingkungannya dari berbagai sampah dalam rangka mewujudkan kehidupan yang sehat dan nyaman.Sampah merupakan salah satu penyebab terhalangnya suatu terjadinya  kebersihan.Kerena sampah salah satu yang harus diperhatikan dalam setiap lingkungan hidup masyarakat.

Contohnya dijakarta ,sungai-sungainya yang awalnya bersih dan tak dipenuhi oleh berbagai macam dari limbah rumah tangga sekarang sudah dipenuhi dengan sampah-sampah.Sampah-sampah dari rumah tangga itu beraneka macamnya yaitu sampah plastik dan sampah-sampah lainnya.Dimana kita ketahui sampah pelastik adalah sampah yang sulit untuk uraikan .Mungkin memperlukan waktu yang sangat lama ,atau mungkin bertahun-tahun untuk menguraikannya.

Selain itu juga sisa sabun yang berasal dari rumah-rumah  masyarakat yang berada disekitaran sungai  membuat sungai menjadi berbuih-buih atau gelembung --gelembung yang berasal dari sabun tersebut .Akibatnya sabun tersebut membuat air menjadi tidak bersih.Dan limah-limbah dari pabrik-pabrik membuat air menjadi bewarna.Akibatnya air disungai-sungai menjadi teremar akibat dari sampah masyarakat.

Akibat masyarakat yang kurang memperhatikan kebersihan lingkungan,sehingga dapat menyebabkan dampak buruk bagi mereka.seperti datangnya serangan penyakit dan kurangnya sumber air bersih.Sehingga mereka tidak dapat  mandi dengan layak dan mengambil air minum untuk kebutuhan sehari-hari dalam kehidupan mereka .Dan membuat mereka merasa  ketidaknyaman dengan bau yang menyengat.

Pemerintah telah berupaya untuk mengurangi penggunakan plastik namun hal ini masih banyak orang yang berjualan dipasar-pasar menggunakan plastik .DOalam hal ini bukan hanya pemerintah yang harus berkontribusi namun masyarakatnya yang membantu dalam masalah ini.Kesehatan dan bersihan itu tergantung dengan diri manusianya.karena  itu kebersihan adalah sebagian dari iman.

Dari hal kebersihan haruslah kita jaganya  karena tidak sedikit dampak yang ditimbilkan akibat kita sebagai manusia kurangnya perhatian kita terhadap lingkungan.jangan membuang sampah tidak pada tempatnya tapi aturi aturan yang tidak terlalu berat tetapi manfaatnya  besar bagi kehidupan kita .

Sampah plastik dapat berbahaya bagi manusia yaitu dapat terjadi banjir .banjir tersebut dapat  terjadi karena adanya penutupan  yang berada disekitaran selokan ataupun sungai.hal itu dapat terjadi akibat meuapnya air  dan dapat membuat banjir kerumah --rumah.hal injuga dapat terjadinya deman berdarah.akibat gigitan nyamuk yang bersal dari air-air yang menggenang.

Makanya kita harus membuang air yang berada diban-baan begas,botol-botol bekas atau tempat-tempat lain yang  dapat terjadinya jentik-jentik nyamuk sehingga jentik-jentik nyamuk tidak dapat hidup.

Oleh karena itu saat penting bagi kita sebagai manusia yang mempunyai keimanan dan ketakwaan untuk menjaga kesahatan dan menjaga keutuhan lingkungan alam . Saling menjaga kesehatan alam sekitar tubuh agar tidak gambang terkena penyakit.Karena menjaga  yang lebih baik dari pada mengobati.sebelum semuanya terlambat marilah kita menjaga lingkungan kita agar kita terhindar dari berbagai penyakit dan berbagai bencana alam.

VIDEO PILIHAN