Mohon tunggu...
Santi Lakhsmiwati
Santi Lakhsmiwati Mohon Tunggu... Guru - Guru Bahasa Inggris

Information Activities:English teacher of smp 7, english course teacher, broadcaster and supervisor program of Melati FM, lecture assistent for broadcasting and speaking in STKIPM LAMPUNG. Interests:interest in news broadcaster, programmer, teacher, browsing the internet. Favorite Music:pop music, jazz, religi, instrument, etc.Favorite TV Shows:morning trans 7, breaking news Favorite Movies:education film like "andreas", horor, romantic, comedi, Favorite Books:la tahzan, don't be sad Favorite Quotations:do the best you can do and be the best you can beAbout Me:i'm lakhsmi, from lampung Indonesia,life is strange and must be strange. Email:santi.lakhsmi@gmail.com Mobile Number:081541415805 Current Address:jl.hasan kepala ratu no 1052 sindangsari kotabumi, lampung, indonesia Kotabumi, Indonesia 34517Yahoo:lakhsmi Website:http://melatifm.blogspot.com Posisi sekarang Jambi

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Menyusun Best Practice oleh Santi Lakhsmiwati,S.Pd

10 Desember 2022   05:49 Diperbarui: 10 Desember 2022   05:53 122
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
at the classrom, doc.pribadi

Lokasi: SMA N 14 SAROLANGUN

Lingkup Pendidikan: SEKOLAH MENENGAH ATAS

Tujuan yang ingin dicapai : 

  • Meningkatkan kemampuan peserta didik di kelas XII dalam menganalisis generic structure teks  news item melalui metode problem based learning dengan menggunakan media vidio dan ppt.

Penulis: SANTI LAKHSMIWATI

Tanggal: 10 November 2022

Situasi: 

  • Kondisi yang menjadi latar belakang masalah diantaranya adalah kurangnya minat atau motivasi siswa dalam belajar, rendahnya penguasaan vocabulary/kosa kata yang dimiliki siswa, besarnya pengaruh media sosial terhadap siswa, serta metode pembelajaran yang digunakan kurang menarik atau tidak tepat.
  • Praktik ini penting untuk dibagikan karena masalah yang dihadapi juga sering terjadi di sekolah lain, dan memotivasi guru lain untuk mendesain pembelajaran yang kreatif dan inovatif serta berbuat yang terbaik.
  • Peran dan tanggung jawab saya dalam praktik ini adalah sebagai peneliti dalam mengidentifikasi permasalahan yang terjadi selama proses belajar mengajar di kelas dan mencari solusi dari permasalahan tersebut. Setelah meneliti dan menemukan solusi dengan memilih metode pembelajaran yang inovatif dan sesuai dengan karakter materi pembelajaran tersebut, saya juga bertanggung jawab untuk melaksanakan metode pembelajaran yang inovatif tersebut di sekolah tempat saya bertugas sehingga dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik.

Tantangan: 

  • Ada beberapa hal yang menjadi tantangan dalam mencapai tujuan tersebut yakni sarana dan prasarana yang belum memadai, kesadaran siswa untuk belajar rendah, sulitnya menentukan metode belajar yang tepat serta pemilihan media pembelajaran yang menarik.
  • Yang terlibat dalam hal ini yakni: dosen dan guru pamong yang memberikan bimbingan dan arahan, rekan sejawat yang memberikan saran dan masukan, kepala sekolah yang juga memberikan masukan , guru bersangkutan dan peserta didik yang akan melaksanakan pembelajaran.

Aksi : 

  • Langkah -- langkah yang dilakukan untuk menghadapi tantangan ini diantaranya berkoordinasi dengan kepala sekolah, mewawancarai rekan sejawat, melakukan kajian literature, dan merumuskan solusi.
  • Strategi yang digunakan yakni menggunakan pendekatan scientific approach dengan model pembelajaran problem based learning dan metode pembelajaran diskusi kelompok, tanya jawab, penugasan, dan presentasi

Prosesnya:

Pada pendahuluan proses pembelajaran saya melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk memulai pembelajaran serta memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin. Mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan pembelajaran yang akan dilakukan. Memberikan gambaran manfaat apa yang dapat diperoleh  dengan mempelajari materi : news item. Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung serta menyampaikan hal -- hal yang perlu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun