Mohon tunggu...
Santika Aprilia
Santika Aprilia Mohon Tunggu... Buruh - Karyawan swasta

Nama saya santika ,, saya anak pertama dari dua bersaudara kbtulan saya bekerja di salah satu perusahaan swasta yg bergerak di bidang development saya bekerja sbagai customer service .. Keseharian saya dari senin - jumat bekerja ,, sabtu minggu saya free alias di rmh aja .. Hoby saya selain membaca ya nonton ,, saya jarang berinteraksi dengan temen"dalam arti kalo di ajak nongkrong jarang mau pasti selalu nolak .. Jadi ya kehidupan saya bisa di bilang monoton gtu gtu aja ,, hehe dan gk ada spesial dalam diri saya

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Hubungan Komunikasi Persuasif antara Anak dan Orang Tua di Zaman Sekarang

28 April 2024   15:26 Diperbarui: 28 April 2024   15:32 32
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Sebelum kita ngebahas gmana hubungan antara orang tua dan anak yang saat ini bisa di bilang kurang harmonis ya bahkan jauh dari kata akur atau bahkan mereka seperti dendam sama orang tua sendiri .. Pada zaman skrg ini tentunya di samping teknologi yang semakin maju bahkan hampir setara dengan negara berkembang tentunya kita bisa mendapatkan akses di daerah manapun bahkan di pelosok sekalipun ,, dan beberapa hari yang lalu saya membaca artikel dimana " Seorang anak yang menganiaya ibu kandung nya lantaran meminta sepeda motor " .. Dimana letak hati nurani si anak kala itu dia memaksa ibu kandung nya minta di belikan sepeda motor bahkan tega sampe menganiaya demi barang yang menurut mereka mahal berbanding terbalik dengan kehidupan sehari harinya , aplg si ibu yg hanya bekerj sebagai buruh harian lepas dengan penghasilan yg tidak seberapa .. Terbiasa dari kecil meminta sesuatu tanpa harus berusaha menjadikan sosok anak tersebut menjadi malas bahkan untuk kebutuhan sehari harinya saja msh ibunya yg mencukupi .. Dsni bisa saya tarik kesimpulan , bahwa segala sesuatu yang bersifat instan tanpa mau berusaha itu tidak baik .. Dan segala sesuatu yg terjadi dalam rmh tangga baik itu masalah ekonomi dan lain sebagainya harusnya sebagai orang tua membicaran sama anak .. Jadi terjadi komunikasi dua arah antara si ibu dan anak ,karna dalam kasus ini saya hanya melihat si anak yang berkomunikasi dengan ibunya .. Dengan cara si anak minta sepeda motor yang menurut ibunya mustahil di beli sedangkan untuk kehidupan sehari hari mereka bisa makan saja sudah bersyukur .. Dan kadang juga sebagai orang tua pasti menuntut anak untk menjadi si a dengan cara membandingkan dengan orang lain , dqn si anak ini merasa marah kalo selalu di banding bandingkan dengan org lain .. Contoh misal ketika pembagian rapot ya ,, ketika si anak mendapatkan nilai C lantas si bu membandingkan dengan si B yang notaben nya mereka dari segi ekonomi dan kepintaran jelas berbeda .. Jadi si anak ini merasa minder sendiri ketika jelas jelas si ibu yg notaben nya orang tua kandung nya malah menjatuhkan bukan memberi semangat .. Alagkah baiknya di jaman skrg yg sudah modern dan berkembang stop untk org tua yg selalu mebanding bandingkan anknya dengan si ab atw c .. Selama itu baik apa salahnya kita bantu suport dan memfasilitasi sesuai dengan kemampuan kita sebagai org tua ya .. Dan dsni saya tarik garis besar penting nya komunikasi dua arah antara orang tua dan anak agar kedepan nya kita bisa berjalan dengan semestinya , dan kalaupun ada batu sandungan bisa melewati bersama .. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun