Mohon tunggu...
sandra wibawa
sandra wibawa Mohon Tunggu... Ganteng

ganteng , baik budi,asal bengkalis, alumni ipb, domisili pekanbaru

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Bedanya Kaum Tionghoa di Indonesia dan Malaysia

19 November 2019   19:53 Diperbarui: 19 November 2019   20:12 0 0 0 Mohon Tunggu...

Kita menyebut seluruh suku atau kaum di Indonesiaseperti orang Aceh, Batak , Jawa, Melayu , Tionghoa, Arab dll adalah BANGSA INDONESIA. Beda dengan Malaysia china di sebut bangsa china, india di sebut bangsa india, begitu juga melayu disebut bangsa melayu.

Orang tionghoa Indonesia pasti akan tersinggung atau merasa dilecehkan kalau ditanya, "kamu bangsa apa?"karena bangsa kita cuma satu yaitu BANGSA INDONESIA. Sejarah kita menyebutkan dalam sumpah pemuda tahun 1928  bahwa "Berbangsa satu-Bangsa Indonesia", apalagi dengan semboyan negara-BHINEKA TUNGGAL IKA , Menjadikan kita satu. 

Orang Tionghoa  Indonesia kalau di tanya berasal darimana mereka akan jawab dari Indonesia. Kalo di malaysia mereka akan jawab orang china dari malaysia.

Karena orang tionghoa Indonesia banyak yang sudah  tidak tahu bahasa moyangnya lagi kecuali yang dari riau atau kalbar maka orang cina malaysia suka kaget mengetahui hal tsb. Di Malaysia orang cina berbahasa melayu patah patah/tidak lancar mereka terbiasa menggunakan bahasa cina dengan berbagai dialek.

Apa lagi orang Tionghoa Indonesia memakai nama asli Indonesia seperti nama jawa, sunda dll. Di Malaysia mash memakai nama dari leluhurnya. 

Menurutku jiwa nasionalisme  Tionghoa Indonesia jauh lebih kuat daripada oranng china Malaysia, sudah banyak bukti nasionalisme orang Tionghoa . Di militer ada Laksda Johnlie, di olahraga ada teteh Susi Susanti. Mereka bersikap lahir besar dan mati di Indonesia. Indonesia tanah tumpah darah mereka. 

Semoga bangsa Indonesia makin rukun dan bersatu demi kemajuan bangsa  amin.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x