Mohon tunggu...
Sandra Suryadana
Sandra Suryadana Mohon Tunggu... Dokter - 30 tahun lebih menjadi perempuan Indonesia

Memimpikan Indonesia yang aman bagi perempuan dan anak-anak. More of me: https://sandrasuryadana.wordpress.com

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Papua Oh Papua, Mengapa Baru Heboh Sekarang?

23 Januari 2018   11:12 Diperbarui: 23 Januari 2018   11:46 1457
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Berita tentang kejadian luar biasa meninggalnya anak-anak di Asmat karena campak dan gizi 2 minggu terakhir ini hanya membuat saya memutar mata. Ah, cerita lama, kenapa baru heboh sekarang? Gizi buruk sudah menjadi permasalahan di Papua sejak lama. Dulu waktu saya masih SD ada soal ujian yang menanyakan di mana propinsi dengan tingkat gizi buruk paling tinggi, jawabannya adalah Irian Jaya (sebelum namanya berubah menjadi Papua dan Papua Barat).

Anak-anak meninggal sia-sia di Papua merupakan makanan sehari-hari di semua pusat kesehatan di sana. Bayi datang ke RS sudah kaku karena gagal nafas ketika ibunya kesulitan melahirkan di rumah, balita diantar ke RS hanya untuk dipastikan sudah meninggal kemungkinan karena kejang di ayunan kain dan tidak diperhatikan oleh ibunya, anak usia 6 tahun tidak terselamatkan setelah jatuh ke sumur, bayi meninggal setelah dirawat seminggu di RS karena bronchopneumonia dan gizi buruk, dan masih banyak kasus kematian anak lainnya dengan kausa-kausa yang seharusnya bisa dicegah.

Bukan rahasia lagi bahwa Papua selalu menjadi daerah terpinggirkan. Entah mengapa tidak ada pemerintah pusat yang menaruh perhatian cukup pada Papua padahal Papua merupakan daerah yang sangat potensial. Baru di era pemerintahan Presiden Jokowi Papua mendapat porsi perhatian yang cukup banyak, meskipun menurut saya masih banyak ketertinggalan yang perlu dikejar. Presiden Jokowi berkunjung ke tanah Papua, bukan hanya sekali tetapi berkali-kali, bahkan sekarang jatuh cinta pada keindahan heaven on earthRaja Ampat.

Satu setengah tahun saya bekerja sebagai dokter PTT di Teluk Bintuni memberikan saya perspektif baru mengenai apa yang terjadi di Papua, meskipun tidak menyeluruh. Teluk Bintuni merupakan kabupaten pemekaran yang usianya masih sangat muda ketika saya ke sana tahun 2012. Jangan bandingkan dengan Jayapura atau Sorong yang sudah maju, kondisi Teluk Bintuni 5 tahun lalu masih belum ada apa-apa. 

Jalan dan jembatan tengah kota masih dalam proses pembangunan, yang saya sebut dengan "kota" pun tidak bisa disebut kota, perumahan saya di Tangerang saja masih lebih luas dan berkembang dibandingkan "kota Bintuni". Listrik hanya 12 jam dan sinyal banyak tidak adanya. Jadi perspektif yang saya dapatkan merupakan sebagian kecil saja dari apa yang sesungguhnya terjadi di sana tetapi mudah-mudahan bisa memberikan pencerahan bagi kompasianer yang belum pernah ke Papua atau pergi ke Papua hanya untuk wisata atau bisnis sehingga tidak berkesempatan melihat ke dalam kehidupan warga Papua.

Apa yang terjadi dengan warga Papua sekarang ini adalah warisan buruk dari generasi pemerintahan-pemerintahan selama ini. Menurut saya ada dua permasalahan utama di Papua:

Penanganan yang tidak tepat menyebabkan pembodohan massif, sistematis dan terstruktur

Otonomi Khusus bagi Provinsi Papua yang diberikan oleh pemerintah pusat melalui Undang-undang Nomor 21 Tahun 2001 saya anggap hanya upaya pemerintah pusat untuk menenangkan warga Papua yang makin lama merasa makin tidak diperhatikan (yang disebut dengan Papua dalam UU ini mencakup Propinsi Papua Barat juga). 

Kebijakan yang diharapkan bisa mempercepat pembangunan di Papua sebenarnya hanya menghighlight inkompetensi warga Papua untuk membangun dirinya sendiri. Memang benar terjadi banyak pembangunan yang signifikan di Papua sejak kebijakan Otsus tersebut tetapi wujudnya tidak sesuai dengan besaran dana yang mengalir ke sana. Dana otsus yang mengalir ke sana jumlahnya bukan main-main, bila serapannya 100% benar digunakan untuk pembangunan maka hasilnya seharusnya jauh lebih banyak daripada yang ada sekarang. Kebijakan ini khususnya di bidang keuangan saya ibaratkan seperti memberikan kartu ATM kepada anak kelas 2 SD. Mereka sudah bisa menggunakan mesin ATM untuk mengambil uang tetapi belum bisa menggunakan uang tersebut dengan bijak.

Jika Anda bekerja di Papua, Anda akan merasakan perbedaan mengejutkan tentang bagaimana cara warga Papua menangani uang. Di sana uang diperlakukan seperti permen. Anda bisa melihat tumpukan uang diletakkan di tempat terbuka tanpa pengawasan seakan-akan bukan barang berharga.

Saat saya mendapat gaji pertama di Bintuni, saya dibayar dengan 3 gepok uang 50 ribuan. Itu adalah pertama kalinya saya memegang uang setebal itu. Saya pulang ke mess dengan jantung berdebar, langkah kaki cepat setengah berlari, tas saya peluk erat, saya takut dijambret di tengah jalan. Sore harinya saat saya menyetorkan uang gaji tersebut di bank, di meja teller saya bersebelahan dengan pace Papua berkaos singlet, celana pendek dan tidak menggunakan alas kaki. Beliau membawa di kantong kresek yang terlihat berat seperti baru pulang dari pasar lalu meletakkan kantong kresek tersebut di atas meja teller. Setelah dia membuka kantongnya, betapa terkejutnya saya melihat dia mengeluarkan bergepok-gepok uang berwarna merah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun