Mohon tunggu...
Sandi S Siregar 21110006
Sandi S Siregar 21110006 Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Have a nice day

Sedikit tau tentang kematian maka kita akan ingin terus hidup

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Ambiguitas Gramatikal

29 Juni 2022   17:06 Diperbarui: 29 Juni 2022   17:10 491
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Halo sahabat baca 

Ini artikel pertama saya, semoga dengan membaca nya pengetahuan yang kalian dapat makin bertambah. 

Di artikel pertama saya, saya ingin membahas tentang Ambiguitas gramatikal. Apa yang dimaksud dengan ambiguitas gramatikal? Dan seperti apa contoh ambiguitas gramatikal? Di artikel ini akan saya bahas. 

Ambiguitas gramatikal adalah suatu kata yang memiliki makna ganda . Kata dalam suatu kalimat bisa berbeda maknanya dari kalimat lain. Hal ini dapat terjadi dikarenakan konteks yang digunakan berbeda . 

Contoh

Aku mencuri uang pak Rojak

Aku mencuri hati pacarku 

Kata mencuri di kedua kalimat ini jelas berbeda maknanya. Di kalimat pertama 

Kata mencuri berarti mengambil hak milik orang lain. Namun di kalimat kedua kata mencuri artinya mendapatkan cinta dari pacarnya. Kedua kata itu memiliki arti yang berbeda bukan.Hal itu di sebabkan karena konteks nya berbeda. Di kalimat pertama konteks yang digunakan adalah kriminal karena yang di curi adalah uang orang lain. Namun kalimat kedua konteks yang di gunakan adalah konteks romantis karena yang di curi adalah hati pasangan nya yang artinya dia dapat mengambil hati pasangan nya. 

Sekian artikel yang saya buat. Maaf jika banyak kata yang salah dan belum sempurna. Saya masih pemula dan belum paham sekali dalam membuat artikel. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun