Mohon tunggu...
Elang Salamina
Elang Salamina Mohon Tunggu... Serabutan

Ikuti kata hati..itu aja...!!!

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan Pilihan

Apa Kabar Pak Ma'ruf Amin?

23 Oktober 2020   00:37 Diperbarui: 23 Oktober 2020   00:42 477 37 5 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Apa Kabar Pak Ma'ruf Amin?
Tribunnews.com

SELASA, 20 Oktober 2020, tepat satu tahun pasangan Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin menjalankan tugasnya sebagai presiden dan wakil presiden. Sejauh ini patut diakui tidak ada prestasi membanggakan yang bisa diukir oleh pasangan ini.

Kendati demikian, bukan berarti kita bisa serta-merta menyalahkan kinerja mereka. Mengingat awal-awal perjalanannya dalam menjalankan roda pemerintahan, pasangan yang didukung oleh koalisi gemuk tersebut dihadapkan pada situasi pelik. Pandemi virus Korona (Covid-19).

Tidak bermaksud membela atau mencari pembenaran atas kinerja Jokowi-Ma"ruf. Tapi, penulis merasa siapapun presiden dan wakil presidennya akan mendapat kesulitan apabila dihadapkan dengan kondisi pandemi. Contoh, sekelas Presiden Donald Trump pun hingga hari ini belum mampu keluar dari situasi krisis akibat serangan dari virus asal Wuhan, China tersebut.

Kembali pada satu tahun pemerintahan Jokowi-Ma'ruf sejatinya yang mendapat sorotan adalah keduanya. Tapi, fakta di lapangan justru Jokowi lah yang terkesan dipojokan atas anggapan tidak mampunya menangani virus Korona dengan segala segala dampaknya, dan polemik terakhir soal Omnibus Law UU Cipta Kerja.

Oke, kita sepakat bahwa presiden adalah orang yang paling bertanggung jawab. Namun begitu, peranan Ma'ruf pun sejatinya tak kalah penting.

Di saat Pandemi ini sejatinya Ma'ruf bisa mengambil peranan lebih strategis dalam penanganan Covid-19. Bukan hanya sekadar mengikuti rapat-rapat internal.

Tanpa bermaksud membandingkan, peranan Ma'ruf jauh beda dengan Jusuf Kalla saat menjabat wapres. Ia mampu bergerak cepat dan mengimbangi tugas Jokowi. Misal, saat menangani bencana tsunami Palu pada tahun 2018. Ia bertidak selaku Ketua Satgas penanggulangan bencana.

Kala itu Presiden Jokowi terlihat mampu berbagi tugas dan sangat percaya terhadap Wakil-nya. Benar saja, Jusuf Kalla mampu mengemban tugasnya itu dengan baik.

Peranan Ma'ruf Tak Tampak

Diakui atau tidak peranan Wapres Ma'ruf Amin memang tidak tampak. Itu pula yang menjadikan anggapan sejumlah kalangan, keberadaan Ma'ruf tak lebih sebagai simbolik semata. Kalau tidak ingin disebut "ban serep".

Dalam pandangan penulis, wapres Ma'ruf Amin hanya difungsikan sebagai penjaga simbol partisipasi kelompok Islam, terutama Nahdlatul Ulama. Untuk itu, sengaja ia tidak begitu dilibatkan dalam teknis pemerintahan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN