Mohon tunggu...
Elang Salamina
Elang Salamina Mohon Tunggu... Serabutan

Ikuti kata hati..itu aja...!!!

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Soal Gibran, Rizal Ramli Ingatkan Jokowi tentang Nasib Soeharto

15 Agustus 2020   11:11 Diperbarui: 15 Agustus 2020   11:13 172 14 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Soal Gibran, Rizal Ramli Ingatkan Jokowi tentang Nasib Soeharto
Fajar.co.id

ISU dinasti politik atau melanggengkan kekuasaan terus berhembus dan seolah tak henti-hentinya menjadi bahan diskursus publik tanah air. Mulai dari politisi, pengamat, hingga masyarakat sipil biasa. 

Sebenarnya, praktik kekuasaan yang kerap terjadi pada zaman kerajaan atau kekaisaran ini bukan perkara baru terjadi di tanah air. Hanya saja, isu ini kembali mencuat ke permukaan dan menjadi topik panas, karena melibatkan putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka

Seperti diketahui, Gibran bakal maju pada kontestasi Pilkada Solo 2020, berpasangan dengan Teguh Prakosa. 

Parahnya, tidak hanya putra sulungnya saja yang dipastikan maju pada pencalonan kepala daerah yang rencananya akan digelar serentak pada tanggal 9 Desember 2020 itu. Menantunya, Bobby Nasution juga mengikuti jejak Gibran, dengan mencalonkan diri di Pilwakot Medan, Sumatera Utara. 

Terang saja, dengan kenyaataan tersebut, orang nomor satu di Indonesia ini sempat menjadi bulan-bulanan publik. Sejumlah kalangan menyebut, Presiden Jokowi tak ada bedanya dengan pemimpin atau politisi-politisi lainnya, yang menghamba pada kekuasaan. 

Bahkan, tak sedikit yang menilai, mantan Gubernur DKI Jakarta ini telah semena-semena menggunakan atau memanfaatkan kekuasaannya demi kepentingan pribadi dan kerabatnya. 

Muncul penilaian lain, Presiden yang sebelumnya digadang-gadang bakal menjadi teladan bagi segenap masyarakat tanah air, nyatanya tak terbukti. Mantan Wali Kota Solo itu malah sama-sama terjerumus dalam pusaran dinasti politik tanah air. 

Dalam konteks ini, ekonom senior tanah air, Rizal Ramli, tak urung turut berkomentar. Dalam hal ini, mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman ini mengingatkan Presiden Jokowi untuk menarik mundur putranya, Gibran Rakabuming Raka, serta menantunya, Bobby Nasution, dari kontestasi pemilihan wali kota Solo dan Medan. 

Alasannya, selain Gibran dan Bobby dianggap belum mempunyai modal dan pengalaman berpolitik yang cukup, niatan Jokowi membangun dinasti politik di tanah air semakin sangat tampak jelas. 

"Saya usul tarik mundur dulu dah Gibran dan Bobby, nanti kalau (Jokowi) nggak Presiden dia (Gibran-Bobby) baru maju," kata Rizal dalam acara Ngobrol Perkembangan Indonesia Bareng RR secara virtual, baru-baru ini. Dikutip dari Suara.com

Dengan menarik mundur Gibran dan Bobby, Rizal meyakini rakyat Indonesia akan menaruh hormat setinggi-tingginya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN