Mohon tunggu...
Samhudi Bhai
Samhudi Bhai Mohon Tunggu... Bhinneka Tunggal Ika

Kompasianer Brebes Community (KBC)-68 Jawa Tengah -Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Ketika Kaum Anshor Merindukan Rasulullah SAW

5 November 2020   09:43 Diperbarui: 5 November 2020   10:53 106 6 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ketika Kaum Anshor Merindukan Rasulullah SAW
Tribunnews.com

Banyak pelajaran yang dapat dijadikan sebagai hikmah dari perayaan maulid nabi Muhammad Rasulullah shalallahu alaihi wassalam. Khususnya pada masa pandemi di mana umat islam Indonesia sedang merayakannya.

Maulid nabi 2020 dalam situasi dan kondisi masa pandemi seperti saat sekarang ini, justru telah ada sejak jaman Rasulullah saw. Yaitu wabah thoun.

Ketika Rasulullah Saw hijrah dari Mekkah menuju Madinah. Peritiwa hijrah inilah yang dapat dijadikan sebagai suri tauladan yang baik atau contoh bagi ummat Nabi Muhammad Rasulullah Saw.

Sebagai manusia yang berlumuran dosa jauh dari kata sempurna sudah pasti mendambakan syafaat darinya. Peristiwa sejarah maulid Nabi Muhammad Rasulullah Saw inlah kita dapat memperbaikinya. Aamiin..

Ketika Kaum Anshor Merindukan Rasulullah Saw yang telah lama ditunggunya mereka menyambut kedatangan Rasulullah saw dengan bangga, dengan suka cita, dengan riang gembira dari luapan hatinya.

Sambil di iringi dengan tabuhan-tabuhan rebana dan puji-pujian yang kita kenal sekarang dengan Qosidah Thola'al badru alaina. Harapan mereka kaum anshor hanya satu yakni mendapat syafaat Rasulullah Muhammad saw.

Mereka kaum anshor tidak lagi bersedih tidak lagi murung dan tidak lagi resah. Kedatangan Rasulullah Saw benar-benar menjadi obat para kaum anshor. Mereka benar-benar telah hijrah dari bersama ajaran Rasulullah saw. Sehingga hati penuh cahaya dari hidayah Allah swt.

Begitu pula dengan kita semampu kita sekuat kita untuk semaksimal mungkin menuju hijrah tersebut. Dari gelapnya hati menuju cahaya Illahi, dari keburukan menuju kebaikan, dari kemaksiatan menuju keimanan. Dan lain sebagainya.

Wabah virus pandemi covid-19 telah memporak porandakan warga dibelahan dunia, virus ini dinyatakan menjadi wabah global seluruh negara, termasuk di Indonesia yang mayoritas umat muslim.

Banyak fatwa dari para alim para ulama para ahli agama yang diambil dari hadits shahih. Semua smata-mata demi umat demi membimbing umat agar tidak keluar dari syareat agama. 

Diantara hadist Rasulullah saw bersaba: 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x