Media Pilihan

Variasi Media Sosial dari Masa ke Masa

7 Desember 2018   10:33 Diperbarui: 7 Desember 2018   11:24 219 0 0

Seperti yang kita tahu di jaman sekarang media sosial menjadi salah satu kebutuhan dalam menjalani hidup. 

Dari tahun ke tahun bentuk dari sebuah media sosial semakin bervariasi, mulai dari media sosial yang bernamakan My Space yang dibentuk oleh Thomas Anderson dan Christopher DeWolf, yang diluncurkan pada tahun 2003 bulan Agustus. Di lanjutkan oleh kemunculan media sosial baru atau dapat dikatakan munculnya saingan dari My Space yaitu Facebook (yang dibentuk oleh Mark Zuckerberg, Eduardo Saverin, Andrew McCollum, Dustin Mozkovit dan Chris Hughes) pada tahun 2004 bulan Februari.

Dan kemudian munculah sebuah aplikasi media sosial lagi bernama Twitter. Twitter ini muncul pada tahun 2006. Penemu Twitter ini terdiri dari 4 orang, yaitu : Jack Dorsey, Noah Glass, Biz Stone dan juga Evan Williams. Lalu pada tahun 2010 munculah media sosial lain yang bernama Path. 

Media sosial ini dibentuk oleh 3 orang, yaitu : Dave Morin, Shawn Fanning, dan juga Dustin Mireau. Setelah Path,  munculah media sosial lainnya yang dimana di era sekarang sangat banyak pengguna nya dan masih sangat aktif, yaitu : Instagram, Intagram pertama kali diluncurkan pada 6 Oktober 2010. 

Pemilik dari aplikasi Instagram ini sendiri ialah perusahaan Facebook. Instagram ditemukan oleh 2 orang, yaitu : Kevin Systrom dan juga Mike Krieger. Dan media sosial terakhir yang cukup terkenal muncul pada tahun 2011, yaitu bernama Snapchat. Snapchat ini dibentuk/ditemukan oleh 3 mantan murid Univesitas Stanford : Evan Spiegel, Bobby Murphy dan Reggie Brown.

Di awali dengan kemunculan media sosial bernama My Space pada tahun 2003 adalah dimana awal para orang -- orang mengenal akan dunia media sosial. My Space dulunya adalah sebuah situs jaringan sosial terbesar pada tahun 2005 hingga 2009. 

Aplikasi media sosial My Space ini juga menawarkan penawaran yang menarik bagi penggunanya, seperti pengguna dapat menjadi lebih berinteraktive, membuat akun profile pribadi, blog, grup, dan video dsb. Aplikasi My Space memiliki pengaruh terhadap dunia budaya pop dan musik, dan juga My Space menciptakan sebuah platform gaming yang dimana mensukseskan game yang bernama "Zynga and Rock You".

Meskipun sebagian besar ditolak, pada tahun 2015 aplikasi My Space ini masih memiliki 50,6 juta pengunjung yang unik pada setiap bulannya. Dan juga My Space memiliki 1 milyar pengguna yang aktif dan tidak aktif.

Dilanjutkan dengan kemunculan media sosial urutan ke -- 2 yaitu Facebook pada tahun 2004 lalu. Jika kita mendengar kata Facebook di benak kita langsung terpikir Mark Zukerberg. Padalah pendiri/ penemu Facebook tidak hanya Mark, tetapi ada 4 orang lain lagi di balik munculnya Facebook tersebut. 

Aplikasi Facebook ini dapat di akses melalui banyak perangkat, seperti dari komputer, handphone, tab dsb. Untuk bergabung menjadi pengguna Facebook, anda harus mendaftar terlebih dahulu. Dalam proses mendaftar menjadi salah satu pengguna Facebook, anda harus membuat akun anda sendiri. 

Akun dalam Facebook beirisikan informasi pribadi anda, mulai dari nama, tempat/tanggal lahir, sekolah/kuliah/kerja apa dan dimana, dsb. Dengan membyat akun tersebut anda dapat dinyatakan resmi menjadi salah satu pengguna media sosial Facebook.

Di dalam Facebook ini pengguna dapat menambahkan teman, bertukar pesan hingga memposting status dan foto maupun sebuah video dapat di unggah oleh pengguna. Tidak hanya dapat melakukan hal yang disebut di atas, pengguna jaringan sosial Facebook juga dapat bergabung dengan sebuah forum atau grup yang dimana dibentuk oleh pengguna Facebook lainnya dan menjadi sebuah komunitas, seperti contoh "Komunitas Pecinta Motor Besar". 

Para pecinta motor besar dapat membuat suatu forum di Facebook yang dimana berisikan orang -- orang yang sama -- sama menyukai motor besar dan hal -- hal yang berhubungan dengan motor besar. Keuntungan lain dari Facebook ialah sebagai pengguna Facebook anda dapat memblokir orang -- orang yang anda rasa cukup menganggu atau tidak pantas untuk berada di Facebook.

Selanjutnya muncul aplikasi media sosial lain, yang dimana sama -- sama aplikasi ini diperuntutkan untuk jaringan sosial di dunia media sosial, yaitu bernama Twitter. Twitter awalnya dikenal sebagai jaringan berita media sosial Amerika yang dimana para penggunanya dapat memposting dan berinteraksi dengan sesama  pengguna twitter yang diberi sebutan "Tweet". Pada awalnya kolom Twitter membatasi tweets yang di tulis, yaitu 140 character saja. Perusahan Twitter ini berbasis di Sans Fransisco, California dan juga memiliki kurang lebih 25 kantor Twitter di seluruh penjuru dunia.

Pada tahun 2006 Twitter ditemukan oleh 4 orang, yaitu : Jack Dorsey, Evan Williams, Noah Glass, dan Biz Stone. Dan pada bulan Juli di tahun 2006 itu juga Twitter di rilis. Pada tahun 2012 Twitter menjadi media sosial yang sangat populer. 

Hal tersebut di tahun 2012 itu 100 juta pengguna twitter membagikan postingan/men tweet yang sejumlah 340 tweet per hari. Twitter juga menjadi sebuah forum debat dan menjadi sumber berita politik di Amerika Serikat, terutama pada tahun 2016 saat pemilihan presiden AS.

Tidak lama setelah kemunculan Twitter munculah sebuah aplikasi media sosial lain yang bernama Path. Aplikasi Path ini ditemukan oleh 2 orang, yaitu Shawn Fanning dan mantan eksekutive produser Facebook Dave Morin. 

Perusahaan Path ini terdapat di San Fransisco, California. Path adalah sebuah aplikasi media sosial yang dimana digunakan untuk membagi foto maupun sebuah pesan. Layanan yang ditwarkan Path bagi penggunanya adalah ia dapat membagikan foto maupun pesan kepaa 500 pengguna lainnya (teman dekat maupun keluarga).

Pengguna Path dapat memperbaharui status mereka atau menambah poatingan mereka dengan cara mempost sebuah foto atau pesan. Tiak hanya itu, pengguna Path dapat juga men "tag" atau menandai tempat atau orang yang sedang bersamanya di foto yang mereka unggah di Path.

 Pada awalnya Path memiliki batasan untuk untuk setiap penggunanya, yaitu hanya 50 orang saja setiap pengguna Path dapat menambahkan teman. Lalu tidak lama, Path menaikan batasan menjadi 150 dan setelahnya Path menghapus jumlah batasan untuk selamanya (jadi tidak memiliki batas dalam menambah teman).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3