Keberhasilan suatu usaha, terutama badan usaha yang bergerak dalam industri perdagangan, membutuhkan analisis perilaku konsumen untuk memajukan usahanya. Hal ini disebabkan karena analisis perilaku konsumen dapat menjadi salah satu kunci keberhasilan perdagangan dalam industri atau usaha tersebut.Â
Perilaku konsumen sendiri merupakan salah satu cabang ilmu yang sangat berguna bagi Manajemen Pemasaran dan pelaku usaha pada umumnya. Mempelajari perilaku konsumen menjadi hal yang penting, agar perusahaan dapat menentukan langkah dan tindakan agar produk yang ditawarkan oleh usahanya dapat mengalami peningkatan penjualan.
Perilaku konsumen sendiri sebenarnya dilatarbelakangi oleh banyak hal. Di era teknologi digital saat ini, kecanggihan teknologi dan kemunculan media sosial memiliki pengaruh terhadap perilaku konsumen.Â
Dapat dikatakan bahwa kemajuan teknologi internet ini telah memberikan kemudahan bagi pelaku usaha untuk menyukseskan usahanya. Hal ini disebabkan karena teknologi digital dan media sosial memberikan prospek menarik bagi kedekatan interaksi virtual antara pelanggan dan pelaku usaha.Â
Proses pemasaran yang dilakukan di media sosial dengan pemanfaatan teknologi digital dapat membantu produk ter promosikan dengan baik. Media sosial membantu mempromosikan produk ke berbagai jenis konsumen di berbagai wilayah di Indonesia.
Kepopuleran media sosial di era teknologi digital saat ini, seperti tren penggunaan Tik Tok, dapat dimanfaatkan dengan baik untuk menganalisis perilaku konsumen di era digital saat ini. Berbagai aktivitas yang ada di dalam sosial media tentunya memberikan pengaruh kepada konsumen.Â
Hal ini disebabkan karena tingginya interaksi penggunaan media sosial tersebut oleh konsumen. Di era teknologi digital saat ini media sosial dapat dikatakan menjadi sebuah alat penting bagi pelaku bisnis untuk memudahkan perusahaan berkomunikasi dan mengetahui keinginan dari pelanggan.
Analisis perilaku konsumen di era digital saat ini menjadi variabel penting bagi kemajuan usaha agar perusahaan dapat memahami keinginan dan kebutuhan konsumen. Untuk memahami lebih jauh tentang perilaku konsumen di era digital saat ini, perlu pula dipahami beberapa faktor yang dapat mempengaruhi pengambilan keputusan pembelian oleh konsumen lewat media sosial. Pertama, perilaku konsumen di era digital saat ini banyak yang mempertimbangkan ulasan dari influencer kesukaannya.Â
Saat mencari produk yang diinginkan, membaca atau melihat ulasan dari influencer dapat menjadi salah satu pertimbangan bagi konsumen untuk melakukan pengambilan keputusan pembelian. Ulasan yang bagus tentunya memberikan peluang lebih banyak produk tersebut dibeli, daripada ulasan yang buruk.Â
Kedua, branding unik perusahaan lewat iklan. Cara perusahaan mempromosikan produknya lewat iklan pun menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan pembelian oleh konsumen karena lewat cara ini perusahaan dapat menarik minat konsumen untuk melakukan pembelian.Â
Iklan yang menarik tentunya akan menyita perhatian dari konsumen dan menjadi salah satu pertimbangan untuk melakukan pengambilan keputusan pembelian. Iklan saat ini tidak hanya berfokus pada jenis iklan televisi atau radio semata. Di era teknologi digital yang semakin canggih saat ini, iklan produk dapat divariasikan dalam beberapa jenis media. Salah satunya penggunaan media sosial untuk menyebarluaskan iklan.Â
Selain memanfaatkan fitur dalam media sosial, iklan di media sosial juga biasanya disebarkan lewat influencer. Iklan tersebut akan dibagikan lewat postingan yang diunggah melalui akun influencer terkenal. Tingginya tayangan dalam iklan tersebut dapat menjangkau lebih banyak konsumen hingga meningkatkan peluang pembelian produk.
Selain faktor-faktor tersebut, consumen behavior atau perilaku pembelian konsumen juga bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti faktor psikologis, sosial, budaya dan, pribadi. Dalam faktor pribadi, perilaku konsumen dalam mengambil keputusan pembelian disebabkan oleh faktor usia, pekerjaan, gaya hidup, dan lainnya.Â
Sedangkan pada faktor psikologi, hal-hal yang menjadi faktor pertimbangan bagi konsumen untuk melakukan pembelian adalah keyakinan, sikap, dan motivasi dari konsumen tersebut. Faktor-faktor tersebut memiliki pengaruh yang besar bagi perilaku konsumen dalam memutuskan pengambilan keputusan pembelian.
Selain perlunya memahami faktor yang dapat mempengaruhi pengambilan keputusan pembelian oleh konsumen, perlu pula diperhatikan beberapa aspek penting dalam memahami perilaku konsumen di era digital saat ini. Pertama, aspek yang perlu diperhatikan adalah memahami potensi pasar. Pelaku usaha harus dapat memahami potensi pasar yang dapat memajukan usahanya. Potensi tersebut bisa dipengaruhi oleh aktivitas digital dalam media sosial.Â
Sadar ataupun tidak, media sosial merupakan salah satu produk teknologi yang memberikan banyak pengaruh bagi kehidupan masyarakat karena lewat media sosial banyak interaksi sosial yang terjadi lewat virtual. Meskipun interaksi tersebut terjadi lewat virtual, tapi pengaruhnya dapat dirasakan secara nyata. Kedua, pelaku usaha perlu memetakan perilaku pasar.Â
Aspek ini dapat dimanfaatkan oleh pelaku usaha dengan menawarkan produk-produk yang sedang menjadi tren di kalangan masyarakat. Terakhir, aspek perilaku konsumen yang perlu diperhatikan adalah aspek kepercayaan. Pengusaha harus dapat menciptakan kepercayaan pada konsumen agar konsumen mau melakukan pembelian terhadap produk yang ditawarkan karena percaya dengan apa yang diinformasikan dalam penggunaan produk tersebut.
Di era digital saat ini, untuk memajukan industri perdagangan, analisis perilaku konsumen dengan memperhatikan faktor penggunaan teknologi digital merupakan suatu hal yang penting. Tren perilaku konsumen di era digital ini dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan usaha dengan mengatur manajemen perusahaan menjadi lebih baik sesuai dengan keinginan dan kebutuhan konsumen.
Referensi
Aditya, R. (2020). Perilaku Konsumen Dalam Dunia Digital. Skripsi, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
Endarwati, A. & Ekarwati, Y. (2021). Efektifitas Penggunaan Sosial Media Tik Tok Sebagai Media Promosi Ditinjau Dari Perspektif Buying Behaviors. Mandar: Management Development And Applied Research Journal, 4(1).
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI