Mohon tunggu...
Salmina Magda
Salmina Magda Mohon Tunggu... Mahasiswa - KKN UPI

Teknik Sipil UPI

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Meningkatkan Literasi Baca dan Tulis, Numerasi, dan Sains pada SDN Bintara II Bekasi

23 September 2021   10:50 Diperbarui: 23 September 2021   10:59 205 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Meningkatkan Literasi Baca dan Tulis, Numerasi, dan Sains pada SDN Bintara II Bekasi
Dok. Pribadi

Semenjak virus korona datang ke Indonesia atau tepatnya pada bulan maret tahun 2020 semua kegiatan pembelajaran harus mengalami perubahan dalam pelaksanaannya, yang normalnya guru dan siswa melakukan proses pembelajaran secara tatap muka di sekolah terpaksa harus berubah menjadi pembelajaran dalam jaringan (daring) yang sekarang dikenal dengan nama Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

Semua murid harus belajar atau bersekolah dari rumah secara virtual setiap harinya dan para guru membuat materi ajar dan memberikan tugas melalui media digital, dengan beberapa saran penunjang diantaranya zoom, google meet, google classroom, youtube, whatsapp dan media sosial lainnya. Namun Sering kali siswa juga jadi merasakan bosan, jenuh,kesulitan atau bahkan kesepian karena tidak adanya interaksi atau bersosialisasi dengan orang-orang.

Dalam upaya Guna meningkatkan kualitas hidup, daya saing, pengembangan karakter bangsa, kompetensi abad ke-21 Kemendikbudristek, Universitas Pendidikan Indonesia mengadakan kegiatan KKN Tematik yang akan diikuti oleh seluruh mahasiswa UPI. salah satu tema yang diangkat oleh salah satu Mahasiswi peserta KKN yaitu "Mengembangkan Literasi (Literasi Baca dan Tulis, Numerasi,Sains, Digital, Finansial, Budaya dan Kewarganegaraan) Serta Merdeka Belajar Kampus Merdeka-Pusat Prestasi Nasional " dengan memilih objek pendampingan yaitu Siswa-Siswi SDN Bintara II,Bekasi Barat.

Agar tercapainya tujuan untuk meningkatkan dan mengembangkan literasi siswa-siswi SDN Bintara II saya melakukan beberapa macam kegiatan yaitu dengan:


1. Literasi Baca dan Tulis: Tiap siswa-siswi saya berikan poster dan akan saya test untuk membaca poster tersebut secara satu persatu serta menulis ulang yang saya ejakan dan tulis di papan tulis .

2. Literasi Numerasi: Tiap siswa-siswi saya ajak untuk menghafal perkalian terlebih dahulu dan mencatat perkalian tersebut lalu memberikan beberapa soal disekolah dan dirumah agar dapat diulang kembali.

3. Literasi Sains: Tiap siswa-siswi saya praktikan cara penggunaan masker yang tepat, mencuci tangan dengan sabun, memberikan info tentang macam macam gejala yang dialami penderita Covid-19, dan memerikan info untuk menaati macam-macam protokol kesehatan agar terhindar dari virus Covid-19.

Tidak hanya untuk para siswa saya juga memberikan Google From berupa pertanyaan tentang "Pentingnya Peran Orangtua dalam Membimbing Anak Belajar Secara Daring Selama Masa Pandemi Covid-19" bertujuan untuk mengetahui keluhan, harapan, dan pentingnya waktu yang diberikan orangtua untuk mendampingi anak selama pembelajaran secara daring dan setelahnya saya mengkaji beberapa dari jawaban tersebut untuk memberikan informasi berupa mencari solusi dari harapan dan keluhan para orangtua siswa seperti,memberikan materi berupa video pembelajaran agar anak lebih memahami karena orangtua memiliki keterbatasan dalam menyampaikan materi yang diberikan berupa kalimat dan memberikan kuota gratis untuk pembelajaran secara daring.

Dok. Pribadi
Dok. Pribadi
Salmina Magda-1807846, Teknik Sipil-Fakultas Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, DPL: Dr. Hj. Yayah Rahyasih M.Pd. (kelompok 45)

Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan