Mohon tunggu...
Kalinda Sukma
Kalinda Sukma Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi S1 Fisika Universitas Sebelas Maret

Hobi dan ketertarikan saya dalam kepenulisan dan penelitian saya tekuni sejak duduk di SMA. Kini, saya melanjutkan ketertarikan saya diperkuliahan dengan mengikuti organisasi atau UKM keilimiahan.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Pentingnya Penelitian dan Kepenulisan Karya Tulis Ilmiah pada Generasi Muda

3 April 2024   07:22 Diperbarui: 3 April 2024   07:45 93
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber gambar: diedit oleh penulis pada canva.com

Sebuah zaman yang berkembang diiringi oleh Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) yang juga turut mengalami perkembangan bahkan kemajuan pesat. Teknologi yang semakin mengalami perubahan serta inovasi disebabkan oleh kebutuhan masyarakat dunia akan sesuatu yang lebih efektif dan efisien. Masyarakat membutuhkan sesuatu yang dapat membantunya memperoleh tujuan atau pencapaian dalam bekerja atau melakukan kegiatan. Pekerjaan disetiap belahan dunia tentu dikejar oleh waktu sehingga dibutuhkan tenaga lain yang mampu mengerjakan proyek yang lebih berat dari yang bisa ditangani manusia. Selain pekerjaan, dalam kehidupan sehari-hari juga diperlukan teknologi yang dapat mengurus dan membantu masyarakat atau penduduk suatu tempat.

Untuk menunjang teknologi yang yang baik dan maju dibutuhkan suatu ilmu pengetahuan yang mendasari teknologi tersebut. Keilmuan tersebut pula butuh adanya perkembangan dan inovasi. Hal itulah yang akan berkaitan dengan riset dan penelitian

Penelitian merupakan suatu kegiatan pengumpulan, pengolahan, serta analisis hasil uji melalui penyajian data yang sistematis dan objektif yang nantinya dapat dipublikasikan untuk dilakukan evaluasi dan pengembangan, serta dapat bermanfaat untuk banyak orang maupun untuk penelitian selanjutnya. 

Kegiatan penelitian biasanya bermula dari adanya suatu masalah yang ditemui secara sengaja maupun tidak disengaja, yang kemudian memiliki suatu teori yang dapat memecahkan permasalahan tersebut. Peneliti merupakan seseorang yang memiliki keinginan dan melakukan suatu penelitian. Seorang peneliti dapat melakukan kegiatan untuk mengidentifikasi masalah, menguji riset, sampai mengambil kesimpulan. Selain itu, seorang peneliti memiliki sifat kerja sama yang dapat digunakan dalam suatu tim atau kelompok.

Dalam melakukan penelitian, tentu akan disertai suatu bukti atau hasil tertulis yang digunakan sebagai alat komunikasi kepada pembaca. Hal itu merupakan karya tulis ilmiah yang berkesinambungan dengan suatu riset atau penelitian. Karya tulis ilmiah adalah suatu tulisan atau karya tulis yang dibuat dengan didasari oleh prinsip-prinsip ilmiah berdasarkan data dan fakta. Pada karya tulis ilmiah disajikan informasi yang ingin disampaikan oleh penulis berdasarkan tujuan penulisan. Karya tulis ilmiah setidaknya harus memuat kajian Pustaka serta hasil observasi atau eksperimen. Dalam menulis karya tulis ilmiah dibutuhkan pendalaman dalam kemampuan kepenulisan. Hal itu dapat dilakukan oleh semua orang yang ingin belajar dan sungguh-sungguh dalam menulis.


Generasi muda saat ini telah hidup didampingi oleh teknologi dan ilmu pengetahuan yang berkembang cepat. Era globalisasi pada IPTEK tidak dapat dipisahkan oleh generasi dizaman sekarang. Anak muda telah mengenal dan menjadi bagian dalam majunya IPTEK. Dalam penerapannya, bentuk kemajuan IPTEK dapat berupa gadget atau ponsel genggam yang sudah dimiliki oleh hampir semua anak-anak maupun remaja. Hal itu berkaitan dengan internet dengan segala informasi dan berita didalamnya. Internet telah dapat melampaui setiap tempat dan menembus ruang serta waktu. Hal itu membuat beberapa generasi muda menjadi malas dalam mencari tahu terlebih dahulu suatu fakta. Sehingga hal tersebut berkaitan dengan cara berpikir kritis dan kemampuan literasi generasi muda. 

Kemampuan literasi berkaitan dengan kemampuan menulis generasi muda, yang kemudian juga berhubungan erat dengan suatu penelitian dan karya tulis ilmiah. Kepenulisan karya tulis ilmiah merupakan suatu kemampuan yang penting untuk generasi muda. Hal itu untuk mendukung sumber daya manusia yang maju dan dapat beradaptasi dengan perkembangan global. Pada pelajar dan mahasiswa juga tentu sudah mengenal hal serupa dalam esai dan makalah. Sehingga hal ini penting untuk dipelajari. Generasi muda terkadang mengalami kendala dalam mempelajari kepenulisan. Hal tersebut tentu wajar karena kita semua merupakan pemula. Dalam menulis suatu karya ilmiah perlu memperhatikan hal-hal berikut.

  • Perencanaan ide
  • Pemilihan kajian pustaka atau dasar teori
  • Penentuan metode ilmiah
  • Pengambilan data dan pengujian
  • Pengolahan data secara objektif dan sistematis
  • Penulisan analisis dan hasil data
  • Penulisan kesimpulan
  • Pengkomunikasian

Apabila generasi muda atau khalayak umum memiliki keinginan untuk melakukan suatu riset atau penelitian, maka akan tercapai perkembangan inovasi dalam IPTEK di Indonesia. Kemampuan kepenulisan karya tulis ilmiah dapat diasah dengan peningkatan literasi serta pemikiran kritis, yang berkaitan dengan observasi dan kepekaan terhadap masalah sekitar. Oleh karena itu, kita sebagai generasi muda yang berkualitas diharapkan dapat mendukung dan berkontribusi dalam kemajuan riset Indonesia maupun dunia.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun