Mohon tunggu...
Salma Arum H
Salma Arum H Mohon Tunggu... Salma Arum Hidayah

Mahasiswa Program Studi Ilmu Administrasi Negara Universitas Sebelas Maret Surakarta

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

KKN Covid UNS Bantu Kuatkan Pemahaman dan Edukasi Masyarakat tentang New Normal Life

27 September 2020   11:40 Diperbarui: 27 September 2020   11:43 3 0 0 Mohon Tunggu...

KEBUMEN- Di tengah pandemi Covid-19 yang tengah melanda seluruh wilayah Indonesia, Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) tetap menggelar pengabdian masyarakat sebagai salah satu bentuk penerapan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kegiatan pengabdian tersebut dilakukan oleh relawan UNS tanggap wabah Covid-19 melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Keberanian UNS dalam menyelenggarakan kegiatan KKN pada masa Covid-19 ini patut diapresiasi karena mempunyai peran yang besar bagi masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap virus Covid-19 yang tengah melanda Indonesia sejak Maret 2020 lalu.

Salah satu mahasiswa aktif UNS yang turut berperan dalam kegiatan tersebut adalah Salma Arum Hidayah (D0117091) dari Program Studi Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik. Salma turut berperan dalam penyampaian informasi tentang new normal life di era pandemi covid-19 yang dilaksanakan di RT 04/III, Kelurahan Tamanwingangun, Kabupaten Kebumen, Kamis (23/7/2020).

Kegiatan dilakukan melalui dua cara yaitu secara daring dan secara luring. Kegiatan daring dilakukan melalui media Whatsapp Group dan melalui Instagram. Sedangkan kegiatan luring dilakukan dengan menempel poster-poster pada tempat yang strategis dan mudah terbaca oleh masyarakat seperti di pos ronda. Kegiatan yang dilakukan berfokus pada penguatan pemahaman dan edukasi masyarakat terhadap era new normal life sebagai kebijakan yang baru dikeluarkan pemerintah pada pertengahan Juni 2020 lalu.

Dari kegiatan tersebut, diharapkan masyarakat tidak hanya sekedar tahu tetapi paham dan mampu melakukan aktivitas di luar rumah dengan tetap mematuhi protokol kesehatan walaupun sudah memasuki era new normal life

Selain itu, dengan adanya kegiatan ini masyarakat diharapkan juga lebih waspada terhadap penyebaran Covid-19 yang masih terjadi di era new normal life ini sehingga angka penyebaran Covid-19 dapat semakin ditekan. Harapan lainnya adalah meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga diri sendiri dan orang-orang terdekatnya dari ancaman wabah Covid-19.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x