Mohon tunggu...
Sally RMDJ
Sally RMDJ Mohon Tunggu... Mahasiswa - ----------------------------------

Saling Menebar Manfaat

Selanjutnya

Tutup

Diary

Self Reward Itu Penting

25 Maret 2021   09:30 Diperbarui: 27 Maret 2021   19:14 488
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pernah dengar tentang self reward

Bagi kamu yang belum tau apa itu self reward, self reward adalah sesuatu yang diberikan untuk diri kita sendiri sebagai hadiah dari kerja keras yang sudah kita lakukan. Self reward ini juga merupakan salah satu bentuk menghargai diri sendiri.

Disadari atau tidak, kita sudah menggunakan sebagian banyak dari tubuh dan waktu kita untuk melakukan hal-hal sepeti bekerja, belajar, dan kegiatan lainnya yang menguras energi dari tubuh dan pikiran kita. Tak jarang ada yang sampai menggunakan waktu weekend nya untuk melakukan hal tersebut, bahkan ada yang sampai lupa makan ataupun kekurangan jam tidur. Itulah sebabnya, mengapa self reward itu penting.

Self reward bisa dilakukan dengan hal apapun yang dapat membuat kamu merasa senang. Misalnya, dalam seminggu kamu bisa mengosongkan satu hari yang kamu punya untuk melakukan hal-hal yang membuat kamu merasa bahagia. Kamu bebas melakukan apapun yang kamu inginkan tanpa dihantui oleh pekerjaan, tugas ataupun hal lainnya. Misalnya jalan-jalan bersama teman, belanja barang yang kamu inginkan, pergi ke salon atau dan hal-hal lainnya.

Tapi banyak yang bilang self reward itu pemborosan. Apakah benar?

Nah, yang perlu kamu ketahui, self reward itu tidak melulu soal materi. Jangan sampai, kamu melakukan hal secara berlebihan sampai lupa apa tujuan kamu sebenarnya. Memang kamu dibebaskan untuk melakukan apapun yang dapat membuat kamu senang. Namun, kamu perlu ingat juga, jangan sampai kebebasan tersebut membuat kamu emosi sesaat sampai akhirnya malah merugikan diri kamu sendiri.

 Seperti yang ada tadi disebutkan diatas, banyak juga sebagian dari kalian yang sampai kehilangan jam tidur karana terlalu sibuk. Maka dari itu, istirahat yang cukup juga termasuk bentuk self reward.

Kesenangan setiap orang tentunya berbeda-beda. Oleh karena itu, apapun hal yang kamu lakukan yang dapat membuat kamu senang setelah lelah melakukan hal lain itulah yang dinamakan self reward.

Semoga bermanfaat.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun