Mohon tunggu...
Safitri Eka Ramadhani
Safitri Eka Ramadhani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Bismillah

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama Pilihan

Semarakkan Hari Lahir Pancasila, Tim KKN UM Sambigede 2021 Membuat Short Movie Bertajuk "Pancasila Hati Sambigede"

21 Juli 2021   12:00 Diperbarui: 21 Juli 2021   13:29 181 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Semarakkan Hari Lahir Pancasila, Tim KKN UM Sambigede 2021 Membuat Short Movie Bertajuk "Pancasila Hati Sambigede"
Tim KKN UM 2021 bersama dengan pemeran film pendek/dokpri

(Malang, 21 Juli 2021) -- Pancasila adalah dasar negara Indonesia yang terdiri dari lima sila, sesuai dengan arti dari kata "Pancasila" yaitu panca yang berarti lima dan sila yang berarti prinsip atau asas. 

Adanya Pancasila sebagai dasar negara tentunya melewati berbagai macam peristiwa bersejarah, berawal dari kekalahan Jepang pada perang pasifik yang kemudian berusaha mendapatkan simpati warga pribumi dengan menjanjikan kemerdekaan kepada Indonesia dengan membentuk BPUPKI (Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia) atau Dokuritsu Junbi Cosakai. Lalu, diadakannya sidang pertama pada tanggal 29 Mei 1945 di Gedung Chuo Sangi In yang membahas mengenai dasar negara.

Hingga akhirnya pada tanggal 1 Juni 1945, Presiden pertama Indonesia yaitu Ir. Soekarno melalui sebuah pidato mengemukakan ide serta gagasannya terkait dasar negara Indonesia yang diberi nama "Pancasila". 

Dengan adanya pidato dari Ir. Soekarno tentang konsep awal Pancasila yang menjadi dasar negara Indonesia tersebut, maka pada tanggal 1 Juni ditetapkan sebagai hari lahirnya Pancasila.

Sebagai bentuk penghormatan serta untuk merayakan hari bersejarah tersebut, Desa Sambigede bersama dengan mahasiswa KKN UM 2021 merilis sebuah short movie atau film pendek yang berjudul "Pancasila Hati Sambigede". Project film pendek ini dibuat dari tanggal 21 Juni hingga 30 Juni 2021.

Proses pengambilan video di Balai Desa Sambigede/dokpri
Proses pengambilan video di Balai Desa Sambigede/dokpri
Film pendek "Pancasila Hati Sambigede" yang berdurasi 6 menit 11 detik menceritakan tentang nilai-nilai Pancasila yang masih tertanam kuat di hati para warga Desa Sambigede sejak dahulu hingga saat ini. 

Tidak hanya ditanamkan pada hati para warga, tetapi nilai-nilai sila dalam Pancasila dari sila pertama hingga sila terakhir juga diterapkan pada kehidupan sehari-hari para warga Desa Sambigede. Selain itu, film pendek tersebut juga menunjukkan kemajuan beberapa potensi yang dimiliki Desa Sambigede, seperti pertanian, perikanan, produksi rengginang yang khas, dan lain-lain.

Proses pengambilan video yang melibatkan anak-anak dari Desa Sambigede/dokpri
Proses pengambilan video yang melibatkan anak-anak dari Desa Sambigede/dokpri
Mahasiswa KKN UM 2021 berkerja sama dengan para warga untuk kesediaan dan keikutsertaannya dalam menjadi pemeran pada film pendek bertema Pancasila tersebut. Tentunya para warga sangat antusias dalam mewujudkan film pendek ini. Dari anak-anak kecil hingga warga lanjut usia pun turut serta meramaikan proses syuting film pendek yang diadakan oleh para mahasiswa anggota KKN UM 2021.


Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x