Saepullah
Saepullah karyawan swasta

belajarlah..

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

Menjelajah Hunian Sehat di Alam Sutera yang Sesuai Anjuran Pemerintah

16 Mei 2018   21:39 Diperbarui: 16 Mei 2018   21:46 206 1 1
Menjelajah Hunian Sehat di Alam Sutera yang Sesuai Anjuran Pemerintah
dok. alam-sutera.com

Kebutuhan pokok yang primer adalah salah satunya papan (rumah). Rumah menjadi hunian yanyang akan menjadi tempat hunian tentu harus yang sehat dan asri. Sebagaimana terdapat pada Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. 829/Menkes/SK/VII/1999, Rumah yang menjadi syarat sebagai hunian yang sehat dan ramah lingkungan yaitu terdapat pada bahan bangunan, komponen dan penataan ruangan, pencahayaan, kualitas udara, ventilasi, vektor penyakit, penyediaan air, pembuangan limbah, dan kepadatan hunian.

Berlokasi di Alam Sutera Tangerang, hunian yang diinginkan tersebut dapat terpenuhi. Bahkan kualitas hidup juga akan lebih baik. Hunian di Alam Sutera tersebut berada pada lahan sekitar 800 hektare dengan berbagai keunikan rumah, apartemen, taman hiburan, tempat perbelanjaan, tempat makan serta tempat olahraga didukung untuk sebagai lahan hunian yang sehat.

dok. kompasiana.com/kompasiana
dok. kompasiana.com/kompasiana

Nah, sejenak mari mengulik tentang komponen yag disayaratkan oleh pemerintah yang ada di Alam Sutera. Komponen yang disyaratkan oleh pemerintah yaitu terletak pada bahan bangunan yang digunakan pada kompleks di Alam Sutera yang terdiri dari 37 cluster perumahan dan 2 gedung apartemen. 

Secara umum, struktur bahan bangunan yang digunakan di Alam Sutera adalah yang terbaik dan kokoh, serta semi furnish yang juga dilengkapi kitchen set dan lain-lain. Dengan bahan material yang tidak beracun menjadikan hunian yang terdiri atas 150 sampai 300 di setiap cluster ini didukung dengan kelayakan bahan bangunan untuk hunian yang sesuai anjuran pemerintah.

peta alam sutera. (dok. alam-sutera.com)
peta alam sutera. (dok. alam-sutera.com)

Komponen dan penataan ruangan pada perumahan di Alam Sutera telah kedap air pada bagian lantai dan mudah juga untuk dibersihkan. Penataan rumah dengan ventilasi pada dinding rumah menjadikan hunian yang cozy pada Alam Sutera. Bahkan untuk kamar mandi dan kamar cuci juga sudah kedap air dan mudah pula dibersihkan. Ruangan yang ada pada bagian rumah dengan tipe-tipe yang ada sudah memenuhi penataan yang unik dan sesuai dengan fungsi dan peruntukannya. Serta bagian dapur juga telah memiliki sarana pembuangan asap.

Konsep hunian di Alam Sutera pada bagian pencahayaan telah memnuhi kapasitas minimal 60 lux pencahayaan yag tidak menyilaukan mata. Ventilasi yang baik turut mendukung kualitas udara dan cahaya yang masuk.Ventilasi yang digunakan pada perumahan di Alam Sutera pun sudah memenuhi kapasitas minimal 10% dari luas lantainya. Dengan pencahayaan dan juga kualitas udara yang baik pada Alam Sutera menjadikan hunian Alam Sutera sebagai hunian yang ramah lingkungan.
Selain itu, dalam hal kondisi vektor penyakit, penyediaan air dan pembuangan limbah, konsep hunian perumahan di Alam Sutera benar terasa nuansa ramah lingkungan dan sehatnya. 

Adanya biological septic tank, grease trap, pemanas air tenaga surya, sumur resapan, saluran air yang baik dan dual flush sanitary sangat mendukung untuk kenyamanan dalam kesehatan dan kualitas hidup.

Dan faktor terakhir yaitu kepadatan penduduk di Alam Sutera telah diatur dengn kondisi rumah baik yang kondisi minimalis maupun yang lebih dari minimalis. Disain rumah juga mendukung untuk kondisi kepadatan penduduk di Alam Sutera. Konsep rumah yang ada pun di disain dengan keindahan yang baik. Penataan ruang jemuran dan tempat pembuangan AC juga mendukung untuk tidak merusak pemandangan. Pemandangan yang didisain dalam outdoor di sekitar rumah juga mengundang kesegaran mata dengan adanya tanaman hijau yang menarik untuk dipandang mata.

Konsep perumahan di Alam Sutera mendukung untuk manusia yang sehat, yaitu dengan hadirnya kolam renang, tempat gym, jogging track, maupun basket dan olahraga lain. Nah, ada lagi konsep taman yang membuat keindahan dan mendukung penghirupan udara segar. Sangat cocok untuk generasi millenial yang ingin tercipta hunian yang sehat, kreatif dan dinamis.

Konsep perumahan di Alam Sutera ini juga didukung dengan adanya konsep keamanan yang mumpuni, yaitu dengan adanya traffic management centre room. Sekitar 166 kamera terpasang dengan monitor yang mengawasi sudut jalan sehingga jika adanya kecelakaan akan cepat teratasi tidak kurang dari 5 menit. Bahkan kondisi keamanan juga terpantau dalam 24 jam.

Ada juga emergency tower sebanyak 36 titik untuk aktivitas pelaporan dari warga di perumahan Alam Sutera jika mengalami musibah ataupun bantuan lainnya. Konsep perumahan yang biasanya terkesan individual namun tidak di perumahan Alam Sutera dengan adanya perpaduan konsep perumahan yang mendukung untuk aktivitas warga untuk bersosialisasi sebagai makhluk sosial.
Hunian Alam Sutera juga mendukung adanya dunia pendidikan seperti adanya sekolah tingkat dasar hingga tingga menengah dan tingkat tinggi dengan konsep kurikulum nasional maupun kurikulum internasional.

Selain daya dukung kepada pendidikan hunian di Alam Sutera juga didukung dengan gedung perbelanjaan seperti mall @ Alam Sutera, The Flavour Bliss ataupun Pasar 8 yang mendukung kuliner, hiburan keluarga dan ritel.

dok. alam-sutera.com
dok. alam-sutera.com
Menarik bukan konsep perumahan Alam Sutera yang mendukung konsep hunian yang sehat sesuai anjuran pemerintah. Nah, konsep hunian tersebut juga dilengkapi untuk generasi millenial dengan dunia aplikasi gadget yang disediakan oleh Alam Sutera. Terdapat aplikasi e-town untuk membayar iuran bulanan perumahan, kebutuhan sehari-hari seperti pemesanan makanan.

Begitulah sebuah hunian yang sehat dan ramah lingkungan terdapat di alam sutera.