UMKM merupakan salah satu upaya pemerintah dalam mencapai SDGs. Melalui program KKN mahasiswa Informasi dan Hubungan Masyarakat Universitas Diponegoro membuat program kerja KKN branding UMKM yang ditujukan kepada Warung Seblak Mpok Dewi dengan harapan dapat membantu memajukan UMKM tersebut.
Program pemberdayaanWarung Seblak Mpok Dewi didirikan oleh Mpok Dewi sejak awal tahun 2022, namun selama 6 bulan ini usaha miliknya masih sepi pelanggan. Terlebih lagi banyaknya warung seblak yang saat kini bermunculan, hal tersebut merupakan tantangan juga rintangan bagi Mpok Dewi dalam memajukan usahanya.
Mayoritas pelaku UMKM hanya mementingkan kualitas dan rasa produk saja. Tetapi ada hal lain yang harus di perhatikan oleh UMKM, yaitu branding. Branding sendiri merupakan cara membuat persepsi positif tentang produk, perusahaan, maupun layanan yang diberikan oleh perusahaan melalui nama, simbol, atau desain, sehingga konsumen bisa mengenali dan membedakan bisnis kita dengan pesaing.
Untuk memajukan usaha Mpok Dewi, Sabrina Maulida Puteri melakukan rencana seperti:
1. Melakukan riset pasar
2. Membuat desain logo
3. Membuat desain stiker
4. Membuat desain spanduk
5. Membuat sosial media serta pengelolaanya
Melalui program branding UMKM ini diharapkan pelaku usaha dapat merasakan manfaatnya terutama dalam hal peningkatan jumlah pembeli produk serta dapat bersaing dengan UMKM lainnya.