Mohon tunggu...
Rully Moenandir
Rully Moenandir Mohon Tunggu... TV and Movie Worker

Seorang ayah dari 4 anak yang bekerja di bidang industri televisi dan film, serta suka sekali berbagi ilmu dan pengalaman di ruang-ruang khusus sebagai dosen maupun pembicara publik. Baru buat blog baru juga di rullymoenandir.blogspot.com, setelah tahun 2009 blog lamanya hilang entah kemana.

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Capsule Hotel, Serasa Naik Kapal Luar Angkasa!

2 Februari 2020   18:38 Diperbarui: 6 Februari 2020   15:59 80 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Capsule Hotel, Serasa Naik Kapal Luar Angkasa!
dok. pribadi

Hello Gaaesss (ikutan gaya yutubers)...

Kali ini iseng mau review hotel yang lagi nge-tren. Selain bentuknya yang unik, juga harga dan fasilitasnya memang lain dari hotel seperti biasanya. Murce bingittzzz !!!

====

Sejak merebaknya berbagai aplikasi travel atau penginapan, justru makin membuat industri perhotelan "ketar-ketir". Kebanyakan hotel-hotel tadi memilih "merampingkan" usahanya atau bahkan gulung tikar. Grup-grup perhotelan besar bahkan memilih untuk "merger" atau bekerjasama dengan hotel-hotel kelas medium untuk saling memperkuat bisnisnya agar bisa bertahan.

Sedangkan yang berbisnis aplikasi sibuk bekerjasama pula dengan hotel kelas mid-low, apartemen, rumah kost, bahkan rumah pribadi, untuk menambah jumlah kamarnya agar lini pilihan penginapannya makin luas dan jumlahnya semakin besar untuk dipilih para traveller online.

Memang tidak bisa dipungkiri, yang akhirnya terabaikan adalah fasilitas. Jika dahulu kita harus membayar mahal untuk menginap di hotel karena bisa tinggal "bawa badan" saja, sekarang ini kita harus tahu hotel yang kita pesan itu punya service seperti apa. Jangan sampai, ketika budaya "tinggal bawa badan" tadi malah jadi "masalah" baru, yang ketika masuk kamar mandi tidak tersedia sabun, sampo, peralatan untuk menyikat gigi, bahkan handuk seperti yang biasa kita dapatkan dahulu.

Wajar memang, karena 5 tahun belakangan banyak pihak pengelola hotel melihat bahwa fasilitas yang diberikan ke tamu selama ini tidak maksimal digunakan, sehingga menjadi sumber pemborosan biaya operasional bagi perusahaan.

Akhirnya,  muncullah tren yang kita kenal sebagai "Budget Hotel", dimana tamu dapat memilih kebutuhan apa saja yang mereka butuhkan untuk menginap; sandal hotel, televisi, safe deposit box, kulkas, bahkan kini AC juga menjadi option karena kipas sudah tersedia dalam kamar.

Tapi persaingan begitu ketat...
Selain budget hotel yang sebenarnya hanya menurunkan "option" fasilitas saja, kini hadir hotel yang betul-betul efisien, yakni dengan menurunkan UKURAN KAMAR secara drastis.

Jika normal kamar single bed biasanya sekitar 3x4 meter minimal plus kamar mandi kecil, maka di hotel ini ukuran yang akan didapatkan untuk single bed adalah 2x1.5 meter dengan kamar mandi berbagi/ sharing dengan tamu lain, ditambah tinggi ruangan yang hanya sekitar 1-1.5 meter pula. Nah lho...

Mau tau apa ?
Ini dia namanya...CAPSULE HOTEL atau HOTEL KAPSUL !!

====

dok. pribadi
dok. pribadi
Ya, sesuai namanya, kamar yang disajikan menyerupai bentuk/ukuran kapsul. ramping dan memanjang. 1-2 tahun terakhir, memang mulai hadir dan menjamur di beberapa kota tujuan wisata, seperti Bandung, Surabaya, dan kota lainnya.

Memang tren ini lahir dan tumbuh pesat di Jepang sana awalnya. Dan sepertinya para pengusaha hotel di sini mulai tertarik karena keunikan dan ke-efisienannya.

Bayangkan saja, sebenarnya bangunan luar yang digunakan sama persis dengan bangunan pada umunya. Namun ketika sebuah kamar yang biasa digunakan untuk kamar normal biasanya bisa dihuni 1-2 orang tamu, dengan model kapsul ini bisa dipakai hingga 6-8 orang karena modelnya dibuat menumpuk. Dan hanya dibutuhkan 1-2 ruangan yang bisa disekat untuk dijadikan ruang kamar mandi umum, efisien to the max sekali bukan?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x