Mohon tunggu...
Rudy W
Rudy W Mohon Tunggu... dibuang sayang

Kutuliskan lagu ini Kupersembahkan padamu Walau pun tiada indah, syair lagu yang kugubah Kuingatkan kepadamu, akan janjimu padaku

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan Pilihan

Apa yang Dinikmati Rakyat Timor Leste? Hanya Kemerdekaan!

25 Oktober 2020   10:02 Diperbarui: 25 Oktober 2020   10:12 3870 38 14 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Apa yang Dinikmati Rakyat Timor Leste? Hanya Kemerdekaan!
Rakyat Timor Leste (makassar.tribunnews.com)


Arti sebuah kemerdekaan nampak begitu penting bagi rakyat Timor Leste (dahulu Timor Timur). 

Tanpa memikirkan secara matang, melalui suatu referendum yang disponsori PBB, mayoritas rakyat di Bumi Lorosae memilih untuk menikmati kemerdekaan, lepas dari penjajahan Indonesia.

Nama Timor Timur lantas diganti dengan Timor Leste (Republik Demokratik Timor Leste) setelah mereka secara resmi diakui sebagai sebuah negara pada 20 Mei 2002.

Pada 28 Nopember 1975 Fretilin menyatakan kemerdekaan Bumi Lorosae dari penjajahan Portugis yang telah menduduki mereka semenjak abad ke 16.

Akan tetapi, selang 9 hari setelah tanggal itu, militer Indonesia memporak-poranda kan Bumi Lorosae. Indonesia menjadikan Bumi Lorosae sebagai bagian dari mereka, yaitu provinsi ke 27.

Presiden Soeharto sempat meresmikan Patung Kristus Raja yang terletak di bukit Fatucama, sebelah timur Kota Dili setinggi 27 meter. Patung yang kini menjadi destinasi wisata itu merupakan patung tertinggi kedua dunia setelah Patung Christ The Redemeer di Brasil setinggi 36 meter.

Ya betul dugaan Anda, angka 27 adalah simbol bahwa Bumi Lorosae adalah bagian dari Indonesia, provinsi ke 27.

Waktu berlalu, 21 tahun kemudian, Timor Leste dikategorikan sebagai negara terlapar kedua di dunia setelah Chad (Afrika Tengah) oleh Global Hunger Index.

Data terbaru dari UNDP (United Nations Development Programme) menempatkan Timor Leste di urutan ke 152 negara termiskin dari 162 negara.

Sila bandingkan PDB (Produk Domestik Bruto) antara Indonesia dan Timor Leste. Data per Desember 2019, PDB Indonesia adalah 4.174,9 USD sedangkan Timor Leste adalah 2.357 USD.

Laporan Bank Dunia April 2020 menyebutkan kondisi perekonomian Timor Leste semakin memburuk imbas pandemi Covid-19.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN