Mohon tunggu...
Rudy W
Rudy W Mohon Tunggu... profesional

Sinar mentari menyelusup sela-sela jendela pagi

Selanjutnya

Tutup

Politik

Banteng Moncong Putih Percepat Kongres, Ada Apa?

16 Juni 2019   08:00 Diperbarui: 16 Juni 2019   08:29 0 3 2 Mohon Tunggu...
Banteng Moncong Putih Percepat Kongres, Ada Apa?
beritasatu.com

Wacana peralihan generasi berhembus setidaknya di dua partai peserta Pemilu 2019 lalu. Mereka adalah PDI-Perjuangan dan Demokrat.

Alasan utama PDI-P adalah pada pimpinannya yang sekarang. Megawati Soekarnoputri sudah empat kali berturut-turut menjabat sebagai Ketua Umum sejak 1999, dan faktor lainnya adalah usianya yang sudah berkepala tujuh lebih.

Tahun lalu, salah seorang puteri dari Soekarno tersebut menyatakan keinginannya untuk mundur dari jabatannya sebagai Ketua Umum.

Menurut Ketua DPP PDI-P Hendrawan Supratikno, senada dengan partai-partai lainnya, maka PDI-P juga memiliki agenda paska Pemilu 2019 menyiapkan alih generasi untuk menggantikan tokoh-tokoh lama yang akan merespon langkah politik ke depan menyongsong Pemilu selanjutnya, 2024.

Kongres kelima partai berlambang banteng dengan moncong putih yang menurut rencana akan digelar pada bulan April 2020 akan dipercepat gelarannya pada 8 Agustus 2019 di Bali.

Percepatan sembilan bulan tersebut tentu sudah diperhitungkan masak-masak, karena Presiden, Wakil Presiden baru akan dilantik pada bulan Oktober tahun ini. Begitu juga dengan kabinet, anggota DPR serta MPR baru hasil Pemilu 2019.

Dengan itu, struktur partai banteng moncong putih dapat konsolidasi guna mendukung pemerintahan yang baru.

Dalam Rapat Koordinasi Nasional PDI-P sekaligus Perayaan HUT partai yang ke 46 10 Januari 2019 lalu, Ketua Umum Megawati Soekarnoputri mensinyalir bahwa Pemilu 2019 adalah dentuman jangka panjang guna persiapan jalan alih generasi memenangkan Pemilu 2024.

Jika memang keinginan Megawati tidak ingin menjabat Ketum lagi untuk yang kelima kalinya, Hendrawan mengiyakan hal tersebut bakal dibicarakan di kongres. Tim sudah siap dibentuk untuk membahas itu.

Partai Demokrat

Kalau salah satu alasan percepatan kongres partai banteng moncong putih adalah supaya konsolidasi mendukung pemerintahan baru, maka Partai Demokrat pun mengeluarkan wacana mempercepat kongres. Tapi alasan utamanya adalah karena perolehan suara partai berlambang Mercy pada Pemilu 2019 tidak memuaskan, mengalami penurunan ketimbang pemilu yang sebelumnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3