Mohon tunggu...
Rudy Wiryadi
Rudy Wiryadi Mohon Tunggu... Akuntan - Apapun yang terjadi

Mulai hari dengan bersemangat

Selanjutnya

Tutup

Sehat dan Gaya Pilihan

Yuk Balik Lagi ke Pola Makan yang Sehat Setelah Liburan Panjang Lebaran

15 Mei 2022   11:17 Diperbarui: 15 Mei 2022   11:19 506 6 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pola makan yang sehat setelah Lebaran (alodokter.com)


Pemerintah memberikan cuti bersama tahun ini mulai tanggal 29 April hingga 7 Mei 2022.

Memasuki Lebaran dan selama masa cuti pola makan kita menjadi tidak teratur. Sangat berbeda dengan pola makan sebelumnya selama bulan Ramadhan dimana kita dibatasi makan hanya pada saat sebelum Imsak dan sesudah buka puasa.

Seolah-olah ingin balas dendam karena sulit makan di bulan Ramadhan, kita jadinya bernafsu untuk melahap semua aneka masakan dan makanan lainnya yang enak-enak tanpa mengabaikan risiko buruknya.

Makanan yang enak-enak itu mulai dari santan, daging-daging berlemak, makanan atau minuman yang manis-manis, baso kuah, mie baso, dan sebagainya.

Oleh karenanya muncul alasan klasik usai Lebaran penyakit-penyakit "paska Lebaran" karena pola makan yang tidak teratur makan segala makanan dan minuman yang enak-enak.

Alasan klasik penyakit yang muncul setelah Lebaran itu di antaranya adalah:

Sakit perut. Naiknya berat badan. Naiknya gula darah. Naiknya lemak darah dan kadar kolesterol. Atau pun gangguan asam urat.

Ya, betapa tidak?

Terutama anak-anak dan remaja yang mengeluh mengalami gangguan pencernaan karena melahap semua makanan yang enak-enak dengan bernafsu.

Dilansir dari suara.com, dr. Elfina Rachmi, MGizi, SpGK, seorang ahli gizi memberikan 5 tips untuk move on mengembalikan pola makan sehat setelah Lebaran.

Apa saja?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sehat dan Gaya Selengkapnya
Lihat Sehat dan Gaya Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan