Mohon tunggu...
Rudi Febrianto
Rudi Febrianto Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Ilmu Komunikasi UPN 'Veteran' Jawa Timur

Seorang mahasiswa yang tertarik dengan dunia public relations, serta mengikuti perkembangan dari teknologi dan industri games.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Upaya Mahasiswa UPN "Veteran" Jawa Timur dalam Digitalisasi UMKM: Sosialisasi Digital Branding

22 Desember 2022   18:54 Diperbarui: 22 Desember 2022   19:23 209
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pada hari Selasa (20/12/2022), Mahasiswa Ilmu Komunikasi UPN “Veteran” Jawa Timur telah sukses melaksanakan kegiatan sosialisasi mengenai Pemanfaatan Digital Branding kepada para pelaku UMKM.

Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan di Tadakopi, Jambangan, Surabaya dan melibatkan kurang lebih 10 UMKM lokal dari berbagai jenis usaha yang berasal dari Kota Surabaya. Dengan mengambil tema “Branding Menarik, Pembeli jadi Tertarik”, materi yang dibawakan adalah seputar digital branding melalui sosial media.

Diadakannya kegiatan sosialisasi tersebut merupakan bentuk dari pengabdian masyarakat oleh mahasiswa Ilmu Komunikasi UPN “Veteran” Jawa Timur yang dibimbing oleh Bapak Drs. Saifuddin Zuhri, M.Si.

Dalam pelaksanaannya, kegiatan ini mendapatkan respon positif dari para pelaku UMKM yang menjadi peserta sosialisasi tersebut. Mereka mengatakan bahwa adanya sosialisasi ini sangat membantu mereka dalam mengembangkan usaha mereka agar dapat menjangkau konsumen lebih luas.

“Meskipun sebelumnya saya sudah menjalankan usaha dengan memanfaatkan media sosial, tetapi dengan mengikuti kegiatan sosialisasi ini saya menjadi tahu bahwa melakukan digital branding itu sangat penting, saya belajar banyak mulai dari bagaimana cara membuat logo yang menarik, menentukan hashtag, hingga tips untuk memilih influencer saat akan melakukan marketing” ujar Iqbal Junaidi selaku salah satu pemilik UMKM yang menjadi peserta sosialisasi.

UMKM lainnya seperti dari Dewi Putri Pratiwi selaku pemilik UMKM Katering & Kedai 2D juga mengatakan bahwa sosialisasi ini memberikan ilmu baru terkait dengan pentingnya penggunaan hashtag di media sosial.

"Saya juga sudah membuat akun media sosial Instagram untuk UMKM saya, namun masih sepi dalam kunjungan profil, dan juga disetiap postingan umkm saya terbilang cukup sepi di insight post-nya. Ternyata saya baru mengetahui dan menyadari dari sosialisasi ini bahwa pentingnya penggunaan hastag untuk menambah insight di setiap postingan" ujarnya.

Dengan suksesnya pelaksanaan sosialisasi, seluruh Mahasiswa yang ikut serta dalam kegiatan ini berharap ilmu yang disampaikan dapat bermanfaat untuk seluruh UMKM yang telah hadir dan mereka juga berharap usaha yang dimiliki oleh para UMKM dapat semakin berkembang setelah mendapatkan wawasan yang lebih luas tentang dunia digital branding.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun