Mohon tunggu...
Ronny Rachman Noor
Ronny Rachman Noor Mohon Tunggu... Lainnya - Geneticist

Pemerhati Pendidikan dan Budaya

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Pertemuan Quad dan Upaya Amerika Memecah Belah Asia

25 Mei 2022   08:52 Diperbarui: 25 Mei 2022   08:57 384 45 6
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Squad Summit  kini sedang berlangsung di Tokyo. Photo:  kantei.go.jp

Saat ini pimpinan 4 negara yaitu Australia, Jepang, India dan Amerika sedang bertemu bertemu di Tokyo dalam forum yang dinamakan Squad.

Jika dilihat dari timing pertemuan yang dilakukan, tidak dapat dipungkiri lagi bahwa pertemuan ini merupakan upaya Amerika untuk mencoba mengurangi pengaruh Tiongkok dan Rusia di kawasan Indo  Pasific yang semain memanas, sekaligus mencoba  menancapkan pengaruh Amerika kembali  di kawasan ini.

Apa itu Quad?

The Quadrilateral Security Dialogue  atau yang lebih dikenal dengan Quad  awalnya merupakan forum diskusi 4 negara ini untuk menjadikan kawasan indo pacific sebagai wilayah yang bebas dan terbuka.

Cikal bakal Quad  ini muncul di tahun 2004 lalu ketika 4 negara ini memberikan bantuan internasional nya pasca terjadinya gempa dan tsunami di Aceh.

Secara resmi keempat negara ini melakukan pertemuan pertama kalinya di tahun 2007 lalu.

Pertemuan keempat negara ini semakin intensif muali tahun 2019 lalu untuk mendiskusikan masalah perubahan iklim global, teknologi baru dan vaksin.

Upaya Memecah Belah Asia

Tahun ini topik pembicaraan  pertemuan Quad sudah mulai bergeser  membicarakan konflik dan krisis kemanusiaan yang terjadi di Ukraina.

Dengan berjalannya waktu fokus pembicaraan Quad tidak lagi hanya menyangkut bantuan kemanusiaan namun sudah merembet ke dua kejadian penting  yang menyita perhatian dunia, yaitu invasi Rusia ke Ukrania dan perluasan pengaruh politik Tiongkok  di kawasan Indo pacific.

Bagi Amerika yang kini sedang menghadapi masalah dalam negeri seperti inflasi dan melonjaknya harga kebutuhan pokok, forum ini dapat saja dianggap sebagai pengalihan isu dalam negeri untuk mengembalikan sisa sisa kejayaannya dalam perpolitikan internasional.

Setelah berhasil menggalang opini dan mempengaruhi NATO dan negara Eropa dalam konflik Rusia dan ukraina, kini Amerika ingin mencoba masuk ke kawasan Asia untuk menggalang kekuatan dalam mengatasi naiknya pamor  Rusia dan Tiongkok.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan