Mohon tunggu...
Ronny Rachman Noor
Ronny Rachman Noor Mohon Tunggu... Lainnya - Geneticist

Pemerhati Pendidikan dan Budaya

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Artikel Utama

Haruskan Wanita Gundah Menghadapi Menopause?

27 Januari 2022   18:30 Diperbarui: 1 Februari 2022   04:01 962 54 12
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
ilustrasi: Tetap sehat di usia yang kian bertambah merupakan hal yang harus diperjuangkan. (sumber: freepik via kompas.com)

Menopause adalah proses alamiah yang akan dihadapi oleh wanita pada usia yang bervariasi. Menopause bukan lah penyakit, melainkan sebagai rangkaian proses alami menuju berhentinya fungsi reproduksi.

Bagi sebagian wanita masa menopause merupakan babak baru dalam kehidupannya. Biasanya di usia menopause anak-anak sudah beranjak dewasa dan mulai meninggalkan rumah untuk membina keluarga baru.

Di masa inilah wanita akan memiliki lebih banyak waktu untuk menekuni hobby nya, mengerjakan sesuatu yang selama ini mungkin belum sempat dilakukannya karena kesibukan mengasuh anak atau melakukan traveling dan aktivitas lainnya.

Dalam memasuki masa transisi menopause ini ada sebagian wanita yang melaluinya dengan lancar namun ada juga yang mengalami hal-hal yang tidak pernah diduga sebelumnya sehingga menyebabkan timbulnya rasa frustrasi dan bahkan stres bagi sebagian wanita.

Oleh sebab itu, perlu difahami dengan baik gejala yang akan muncul selama masa transisi ini seperti misalnya periode menstruasi yang tidak teratur, susah tidur, berkeringat di malam hari, rasa sakit ketika berhubungan intim, mudah teringgung, depresi, mengalami gejala Hot Flash dll nya.

Bagi wanita yang usianya sudah memasuki rata rata usia menopause perlu mempersiapkan diri untuk menghadapi gejala umum tersebut agar lebih siap secara fisik maupun mental menghadapinya dapat melalui fase ini dengan baik.

Hot Flash memang umum dirasakan oleh para wanita yang memasuki masa transisi menopause ini. Hot flush biasanya ditandai dengan timbulnya rasa panas pada tubuh dan wajah sehingga menimbulkan rasa yang tidak nyaman, namun perlu dicatat tidak semua wanita mengalami hal ini.

Perlu disadari bahwa menopause melibatkan perubahan hormonal seperti misalnya hormone follicle-stimulating hormone (FSH) dan estradiol (E2) yang tentu saja akan berdampak pada metabolisme secara umum.

Masa transisi menuju menopause ini sangat normal dan dialami oleh kebanyakan wanita yang sudah berumur. Oleh sebab itu perlu disadari bahwa gejala yang muncul ini bukanlah penyakit.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya tidak semua wanita mengalami hal hal yang tidak menyenangkan dalam memasuki masa tranasisi menuju menopause ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kesehatan Selengkapnya
Lihat Kesehatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan