Mohon tunggu...
Ronny Rachman Noor
Ronny Rachman Noor Mohon Tunggu... Geneticist

Pemerhati Pendidikan dan Budaya

Selanjutnya

Tutup

Digital Artikel Utama

Ayo Lakukan Cyber Hygiene untuk Mencegah Cyber Crime

20 September 2020   18:26 Diperbarui: 21 September 2020   08:15 214 44 8 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ayo Lakukan Cyber Hygiene untuk Mencegah Cyber Crime
Ilustrasi: gcn.com

Kombinasi kemudahan dan kecanduan untuk memposting segala aktivitas keseharian  di tempat media sosial yang dapat dengan mudah diakses oleh umum tanpa kita sadari dapat mendatangkan malapetaka yang tidak pernah terbayang sebelumnya.

Sebagai contoh kebiasaan orang yang sedang bepergian memposting foto dan apa saja terkait dengan perjalannya di media sosial dapayt saja  menempatkan  dirinya menjadi target empuk para pelaku cyber crime.

Dengan adanya catatan waktu maka kepergian pada postingannya  yang bersangkutan dapat menjadi sasaran empuk orang yang ingin berbuat jahat karena tau mungkin rumahnya mungkin sedang kosong ditinggal bepergian.

Di samping itu jika sudah terlajur  memposting foto boarding pass ataupun tiket angkutan umum lainnya yang mengandung data pribadi, maka dirinya   akan semakin terpapar bahaya dan menjadi target empuk para pelaku cyber crime.

Dengan gabungan foto, data yang ada di boarding pass seperti nama, nomor passport, nomor telepon akan dengan mudah digabungkan oleh pelaku cyber crime dan diolah menjadi informasi yang sangat berharga dalam mencari mangsanya.

Secara tidak sadar jika seseorang terlanjur memposting foto dengan informasi seperti yang telah disebutkan di atas maka secara langsung kita mengekspos diri kita sebagai salah satu calon  korban cyber crime.

Oleh sebab itu berpikirlan lebih jernih dan panjang sebelum kita memposting dan mengupload  hal-hal yang terkait dengan data pribadi baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja.

Tindakan kehatian-hatian yang dikenal dengan cyber hygiene ini kini menjadi perhatian serius bagi otoritas pemberantas cyber crime karena jika tidak dihiraukan akan menjadikan dirinya korban selanjutnya yang hanya menunggu waktu saja. Dengan melakukan cyber hygiene paling tidak kita sudah mengurangi resiko kita menjadi korban.

Memang dalam banyak hal seringkali kita teledor dalam bertindak yang mungkin terkadang kita anggap hal yang sangat sepele. Kehati hatian sebelum memposting data pribadi sesederhana foto makan malam  misalnya dapat saja menghindarkan diri kita bencana.

Pernah seseorang menjadi korban cyber crime karena yang bersangkutan memposting foto makan malam bersama dengan teman-temannya tanpa disadari kartu kreditnya yang terletak di meja makan ikut terfoto, sehingga menjadi sasaran empuk pelaku cyber crime mencari data lebih lanjut informasinya yang diperoleh dari kartu kredit yang ada di foto tersebut.  

Oleh sebab itu, walaupun tampak sepele sekali namun berhati hatilah dalam memporsting sesuatu di media yang dapat diakses oleh umum karena memposting foto tanpa disadari dapat saja menjadikan pemiliknya sumber bencana yang dampaknya tidak pernah terbayangkan sebelumnya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x