Mohon tunggu...
Ronny Rachman Noor
Ronny Rachman Noor Mohon Tunggu... Geneticist

Pemerhati Pendidikan dan Budaya

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Ditemukan Foto Langka "Billy the Kid" bersama Pembunuhnya

23 November 2017   12:21 Diperbarui: 23 November 2017   12:55 2834 10 6 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ditemukan Foto Langka "Billy the Kid" bersama Pembunuhnya
Photo shows Billy the Kid (kedua dari kiri) dan Pat Garrett (kanan belakang). Photo Frank Abrams)

Bagi penggemar sejarah dan film Wild West outlaw tentunya sangat mengenal tokoh sentral yang bernama Billy the Kid. Kisah hidup kebengalan tokoh yang satu ini memang sudah berkali kali diangkat ke layar perak termasuk pihak Hollywood.

Kisah hidup tokoh yang melegenda ini memang memiliki beberapa versi yang beberapa diantaranya saling bertentangan.  Namun apapun versinya keunikan dan kebengaan  tokoh yang satu ini memang sudah melegenda.

Sampai saat inipun tidak banyak bukti nyata yang dapat menggambarkan wajah Billy the Kid apalagi orang yang berhasil membunuhnya.

Namun tampaknya misteri ini mulai terungkap ketika sebuah photo jaman jadul muncul ke permukaan.  Seorang yang bernama Frank Abrams membeli photo jadul hanya dengan seharga $10 di toko  barang bekas di kota Asheville pada tahun  2011 lalu dan memajang photo yang cukup unik ini di ruang tamunya tanpa mengetahui siapa yang ada di photo tersebut.

Alasan Frank membeli photo ini hanya karena keunikannya saja tanpa memperdulikan siapa sebenarnya orang yang berpose di photo jadul tersebut.

Suatu hari dia mengkonsultasikan photo tersebut kepada ahli sejarah di museum New Mexico  setelah menonton program TV yang menayangkan kisah Billy the Kid dan sekaligus menayangkan photonya.

Frank Abrams sangat terkejut ketika mengetahuinya bahwa photo yang dibelinya ditoko loak ini adalah bagian dari sejarah karena photo tersebut memperlihatkan Billy the Kid berpose bersama orang yang kelak menurut catatan sejarah membunuhnya.

Photo jadul ini memang memiliki nilai yang sangat tinggi sehingga para ahli sejarah menilai jika memang benar photo ini asli dan diambil saat Billy the Kid maka photo ini akan bernilai jutaan dollar.

Photo yang sangat unik ini menggabarkan 5 orang termsuk  Billy the Kid dan Patrick Floyd Garrett yang kelak dikenal sebagai sheriff of Lincoln County, New Mexico yang membunuh Billy the Kid pada tahun 1881. Sebelum menjadi Billy the Kid, Patrick Floyd Garrett tampaknya bersahabat dengan Billy the Kid.

Menurut cerita Frank Abrams photo  tersebut tertanggal  2 August 1880 terpasang di ruang cadangan di rumahnya yang beberapa kali disewakan ke  orang lain. Berdasarkan hasil analisa  para ahli sejarah photo tersebut kemungkinan besar diambil antara tahun 1875-1880.

Berdasarkan hasil analisa dengan menggunakan perangkat lunak facial recognition, dua orang yang ada di photo  tersebut memang adalah  Billy the Kid dan Sheriff Garrett.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x