Mohon tunggu...
Ronny Rachman Noor
Ronny Rachman Noor Mohon Tunggu... Geneticist

Pemerhati Pendidikan dan Budaya

Selanjutnya

Tutup

Tekno Pilihan

SpaceX Picu Era Baru Pertarungan Teknologi Roket

23 Desember 2015   06:06 Diperbarui: 23 Desember 2015   09:05 369 17 8 Mohon Tunggu...


Kegembiraan yang sangat luar biasa tampak sekali tersirat di wajah para perancang dan pengontrol peluncuran roket generasi baru yang dinamakan The Falcon-9 senin malam lalu di markasnya sekitar 10 km dari Cape Canaveral, Florida.

Falcon-9 merupakan karya teknologi terbaru dari perusahaan swasta berbasis di California Space Exploration Technologies atau yang biasa disebut Space-X yang memfokuskan dirinya dalam pengembangan teknologi peluncuran roket. Peristiwa peluncuran  senin malam lalu memang menorehkan sejarah baru dalam teknologi peluncuran roket.

 

Falcon-9 berhasil diluncurkan senin malam waktu setempat. Photo : http://www.mynews13.com/ 

Falcon-9 berhasil meluncur dengan mulus. Photo: http://i.space.com

White Booster Falcon 9 berhasil mendarat kembali di bumi secara vertilkal. Photo: http://images.indianexpress.com/ 

Spesifikasi Fakcon-9, perhatikan bagian bawah satelit yang disebut white booster yang berhasil mendarat kembali di bumi. Sumber: SpaceX

 

Falcon-9 tidak saja berhasil mengirimkan 11 satelit ke orbitnya, namun juga roket pendorongnya berhasil kembali ke bumi dan mendarat secara vertical dengan mulus. Dalam peluncuran tersebut Fakcon-9 yang tingginya setara dengan gedung bertingkat 23 tersebut berhasil take off dari Cape Canaveral Air Force Station membelah angkasa setinggi 200 km. Sekitar sepuluh menit kemudian bagian bawah roket yang disebut dengan white booster sebesar 47 m tersebut berhasil mendarat kembali ke bumi secara vertical sekitar 9,65 km dari landasan peluncuran.

 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x