Mohon tunggu...
Royas AuliaSubagja
Royas AuliaSubagja Mohon Tunggu... Guru - Lulusan S1 Pendidikan Sejarah UPI - PPG Pra Jabatan Universitas Galuh

Belajar dari kesalahan untuk upgrade di masa depan

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

KKN Tematik Literasi UPI 2021: Mengembangkan Kemampuan Literasi dengan Adanya Kerja Sama Orangtua dan Guru di SDN 13 Sijuk

3 Oktober 2021   23:31 Diperbarui: 3 Oktober 2021   23:41 217
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gambar 1. Mengurus Perizinan KKN di SDN 13 Sijuk /Dokpri

Saat di masa Pandemi Covid-19 ini, memaksakan kita untuk melakukan hal hal baru yang kini mulai terbiasa dan sudah sangat tidak asing bagi kita semua, seperti pembelajaran Jarak Jauh dan istilah seperti sekolah Online ataupun Tatap Maya sudah sering juga kita dengar, berbagai kebiasaan ini tentunya merupakan hal yang baik karena ini menjadikan sebuah kebiasaan baru dan mengutip dari pernyataan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dan Riset Teknologi, Nadiem Makarim, bahwa pandemi ini telah mendorong percepatan penggunaan teknologi digital secara Nasional, meskipun dilapangan tentunya tidak semua mendapatkan pengalaman yang sama ketika masa pembelajaran Jarak Jauh ini. 

Disisi lain memang bahwa kegiatan pembelajaran haruslah tetap dilaksanakan bagaimanapun caranya, karena saat ini melihat dari berbagai survey yang dilaksanakan oleh berbagai lembaga dunia mengenai tingkat indek literasi di dunia, saat ini Indonesia tercatat merupakan negara yang menduduki peringkat kedua dari bawah dalam hal Indeks Kemampuan Literasi nya, sangat disayangkan dengan fakta bahwa masyarakat Indonesia merupakan salah satu negara terbanyak yang masyarakatnya mempunyai handphone dan aktif dalam menggunakan internet no 4 di dunia setelah Cina, Amerika dan India.

Oleh karenanya perlu adanya suatu upaya untuk melakukan perubahan demi meningkatnya indeks literasi negara dan juga hal ini akan membawa dampak yang positif tentunya karena masyarakat akan teredukasi dan mampu melindungi diri dari berbagai ancaman berita ataupun tulisan yang bersifat provokatif yang berupaya memecah belah bangsa, dengan berbagai narasi diatas Universitas Pendidikan Indonesia sebagai salah satu perguruan tinggi yang memiliki fokus kajian dengan masalah pendidikan melakukan suatu langkah dalam hal membantu negara untuk meningkatkan Indeks Literasi dengan adanya program Kuliah Kerja Nyata Tematik Literasi Dan Rekognisi Program MBKM Pusat Prestasi Nasional yang dilaksanakan secara Daring di masa Pandemi COVID-19 ini.

Kegiatan ini berlangsung di berbagai daerah yang terdapat mahasiswa UPI yang melaksanakan KKN ini dengan fokus untuk membagikan ilmu mengenai literasi dasar, karena setidaknya ada 6 dasar mengenai literasi yang diperlukan yakni Literasi Baca Tulis, Literasi Numerasi, Literasi Sains, Literasi Digital, Literasi Finansial, dan Literasi Budaya Kewargaan, dan ini semua diharapkan dapat tersampaikan melalui program KKN yang menargetkan kepada Siswa mulai jenjang TK sampai SMP serta orang tua dan guru, pada kesempatan kali ini Saya melakukan kegiatan KKN di SDN 13 Sijuk yang terletak di Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, lokasi ini dipilih karena merupakan wilayah yang tidak terlalu jauh dari pusat kota namun sudah mulai masuk ke area pinggiran agak jauh sehingga akses untuk menuju kesana tidak terlalu ramai dan sering, kemudian alasan lain adalah di SDN 13 Sijuk ini saat pertama kali kami datang masih ada melakukan pembelajaran secara Daring, oleh karenanya kegiatan KKN ini kami menargetkan kepada 10 siswa kelas 4 dan 6 SDN 13 Sijuk serta Orang tua dan 2 orang guru, yang membantu saya selama melakukan kegiatan ini adalah Ibu Eliyana yang mengajara di kelas 4 dan Bapak Suprapto yang mengajar di kelas 6.

Kegiatan KKN dilakukan secara daring dengan melakukan penyebaran bahan bacaan yang bisa diakses melalui Google Drive dan juga membagikan video mengenai Literasi, tentunya dalam sebuah pelaksanaan kegiatan terdapat adanya kendala yang menghambat jalannya kegiatan KKN, berikut ini merupakan hambatan selama kami melakukan kegiatan KKN di SDN 13 Sijuk secara daring, 1) Kurangnya partisipasi orang tua dalam mengikuti arahan dari kami dan Guru, 2) Guru terkadang slow respon sehingga kegiatan tidak terlaksana tepat waktu, 3) Siswa SDN 13 Sijuk sedang melakukan Ujian Tengah Semester (UTS) sehingga mereka lebih fokus belajar secara masing-masing.

Oleh karenanya dengan kendala seperti yang sudah disampaikan kami juga melakukan KKN secara luring dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan, Namun pada akhirnya kegiatan ini telah selesai dengan baik dan juga memberikan pengalaman yang menarik kepada kami, kami mengucapkan terimakasih kepada Ibu Karsiah Kamarudin S.Pd.SD (Kepala SDN 13 Sijuk) serta guru yang membantu berjalannya kegiatanKKN ini terutama Ibu Eliyana, S.Pd.SD dan Bapak Suprapto. S.Pd.SD, berikut kegiatan kami selama melakukan KKN di SDN 13 Sijuk.

 

 

 

Gambar 2. Melakukan Koordinasi bersama Guru SDN 13 Sijuk/dokpri
Gambar 2. Melakukan Koordinasi bersama Guru SDN 13 Sijuk/dokpri

Gambar 3. Pemberian Materi mengenai Literasi/dokpri
Gambar 3. Pemberian Materi mengenai Literasi/dokpri

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun