Mohon tunggu...
Roselina Tjiptadinata
Roselina Tjiptadinata Mohon Tunggu... Perencana Keuangan - Bendahara Yayasan Waskita Reiki Pusat Penyembuhan Alami

ikip Padang lahir di Solok,Sumatera Barat 18 Juli 1943

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Merajut yang Tercecer (Seri 53 )

17 November 2021   04:19 Diperbarui: 17 November 2021   04:24 154 52 25
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ket.foto : terowongan disebelah kiri untuk keluar dan terowongan balik/dok. pribadi

Negeri Terowongan 

Bila kita memperhatika. peta Indonesia maka terlihatlah di negeri kita banyak sekali gunung dan perbukitan .Terutama di pulau Sumatera  Perbukitan yang menbentag dari Sumatera Utara ke sumatera Selatan .Terlihat bukit barisan yang melintasi sepanjang pulau Sumatera ini. Untuk dapat  mengunjungi satu kota kita kadang kala harus berkeliling bukit. Karena belum adanya jalan tembus yang dibangun di perut bukit tersebut

Sehingga memakan waktu yang lama untuk sampai dari satu kota ke kota lainnya 

Begitu selesai keluar terowongan ada terowongan menanti dok pribadi
Begitu selesai keluar terowongan ada terowongan menanti dok pribadi
Berbeda dengan Italia di mana mana ada terowongan yang menembus bukit sebagai jalan pintas. Saya menghitung hitung dari Utara Itali ke selatan mungkin sudah lebih 50 kali  kami memasuki terowongan .Maka tak salah kalau negeri ini diberi julukan Negeri seribu terowongan Terowongan yang terpanjang adalah Apennine yang panjangnya 18 ,618 km .

Di  Italia setiap kali kita berkendaraan dan berjumpa bukit atau gunung .Bila kita mau ke kota dibalik bukit tersebut maka kita akan mengambil jalan tembus terowongan Dalam waktu singkat kita bisa sampai di tujuan kita.

Jalan raya setelah keluar dari terowongan dok pribadi
Jalan raya setelah keluar dari terowongan dok pribadi
Kadang kala dari satu terowongan baru saja kita keluar sudah ketemu terowongan lain lagi yang harus kita tempuh. Tapi dipikir pikir jauh lebih aman masuk terowongan dari pada harus jalan dipinggir jurang yang kemungkinan bisa tergelincir dan jatuh. 

berada didalam terowongan aman dok pribadi
berada didalam terowongan aman dok pribadi
Ketika kami dari Padova menuju Italia Selatan ,kami memasuki terowongan demi terowongan  yang mana menghadirkan rasa syukur kami sehingga kami cepat sampai di tujuan kami. 

terowongan di Itali dok pribadi
terowongan di Itali dok pribadi
Terowongan Apennine adalah terowongan terpanjang yang kedua di Dunia, walaupun kami belum memasukinya  .Setiap terowongan  hanya satu arah saja untuk arah balik berjejer di sebelahnya. 

Kesimpulan

Perjalanan yang unik memasuki terowongan demi terowongan untuk mencapai kota kota yang terletak dibalik bukit tentu saja merupakan kenangan indah bagi kami  Bersyukur sudah dapat melalui terowongan ini dengan selamat.

Alangkah eloknya bila kelak  di negeri kita juga dibuat terowongan seperti di Itali Sehingga untuk mencapai Padang Bukit Tinggi tak perlu  menghabiskan waktu hampir 3 jam  Mungkin kurang dari dari  1 jam sudah sampai.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan