Mohon tunggu...
Rosadema ValenthaliaAnggraeni
Rosadema ValenthaliaAnggraeni Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi Ilmu Komunikasi FISIP UAJY

Hi, I'm Ocha! Nice to meet you! :)

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Simak Poin Penting Media Digital Vs Media Analog

21 September 2021   18:57 Diperbarui: 21 September 2021   20:03 638
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Istilah media digital dan media analog tentunya tidak asing di telinga kita. Kedua istilah tersebut sangat dekat dengan kehidupan manusia dan tentunya memiliki perbedaan. Pada tulisan ini, akan membahas perbedaan, khususnya terhadap kredibilitas informasi yang ditulis di web dibandingkan dengan kredibilitas di analog media (media cetak tradisional).

Dalam buku Writing for Digital Media yang ditulis oleh Brian Carrol (2010:23), perbedaan yang cukup signifikan pertama adalah berkaitan dengan pengguna media. 

Media digital memiliki pengguna yang dapat secara aktif melakukan interaksi, tidak hanya membaca, sedangkan media tradisional hanya memiliki interaksi satu arah. Pada dasarnya, menulis pada media digital mirip dengan menulis media cetak tradisional. 

Namun, pada prakteknya tulisan pada media digital dapat tergolong menjadi tulisan yang buruk karena siapapun bisa mempublikasikannya. Selain itu, dengan kecepatan akses dan dapat menjelajahi apapun membuat kualitasnya pun patut dipertanyakan.

Media digital memiliki beberapa peran, diantaranya:

  1. Komunikator pesan: Penulis pada media digital akan lebih terampil dalam menyampaikan pesan dengan cara yang menarik dan mendalam.
  2. Pengatur informasi: Penulis pada media digital yang baik dapat membantu pembaca mengatur segala bentuk informasi.
  3. Penerjemah: Pesan harus tepat untuk media yang digital melalui penyesuaian untuk memanfaatkan kekuatan media, sekaligus mengurangi kelemahannya.

Kredibilitas
Pada media digital, kredibilitas dapat dibangun, dipertahankan dan diukur apabila dibandingkan dengan media analog.

Bias
Dalam beberapa penelitian, memaparkan bahwa kredibilitas blog berkaitan dengan bias melalui perspektif yang dijelaskan penulis dalam blog daripada ketiadaannya di media berita tradisional yang mengikuti objektivitas jurnalistik.

Identifikasi
Identifikasi merupakan konsep komunikasi utama yang dapat membantu pemahaman mengenai hasil blog dari kepercayaan dari pembaca. Sedangkan, pada media analog sejak dahulu mempertanyakan gagasan tradisional. Blog menjadi proses pada jurnalisme dalam menghasilkan lebih banyak audiens dengan memberikan penawaran lebih banyak ekspresi oleh masing-masing individu sehingga dari banyak blog akan mendorong identifikasi versus media tradisional yang tidak memihak.

Transparansi
Pada media digital, penulis harus menerapkan prinsip transparansi, sedangkan media tradisional memiliki kebutuhan akan transparansi yang lebih besar.

Akuntabilitas
Akuntabilitas mengharuskan organisasi berita dapat menjelaskan dan berinteraksi kepada pembaca. Namun, yang menjadi pertanyaan pada organisasi berita adalah cara mematuhi standar profesional, misalnya mengumpulkan berita yang etis dan keseimbangan dalam penyajian perspektif secara keseluruhan. Oleh karena itu, publik juga harus mengetahui pedoman dalam sebuah organisasi berita.

Meningkatkan Kredibilitas
Dalam hal ini membahas beberapa elemen yang dapat memberikan kepercayaan pengguna pada situs dan kontennya, antara lain:

  1. Navigasi situs yang intuitif dan mudah digunakan
  2. Desain situs yang mudah digunakan
  3. Grafis berkualitas tinggi
  4. Tulisan yang bagus
  5. Informasi kontak lengkap dan cara akses
  6. Keahlian dibidang subjek
  7. Tautan di luar ke situs web lain yang relevan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun