Ronald Wan
Ronald Wan Trader and Freelancer

@Pseudonym | Love to Read | Try to Write

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi Artikel Utama

Pengertian Aset yang Sering Keliru

6 Desember 2017   10:51 Diperbarui: 7 Desember 2017   10:40 3054 43 20
Pengertian Aset yang Sering Keliru
Ilustrasi (/www.governmentnews.com.au)

Aset menurut Investopedia.com adalah sumber daya dengan nilai ekonomi. Baik individu  ataupun organisasi atau negara kuasai (bisa memiliki atau hanya mengontrol). Dengan harapan akan memberikan keuntungan di masa depan.

Membeli mobil apakah mengumpulkan aset?

Bukan, begitu mobil keluar dari ruang pamer maka harga mobil tersebut sudah turun. Bahkan penurunan harga mobil pada tahun pertama sangatlah besar bisa mencapai sekitar 10%.

Belum lagi biaya yang harus dikeluarkan untuk bisa menggunakan mobil tersebut, bensin, asuransi, perbaikan rutin dan lain sebagainya. Jika Kita membeli mobil secara kredit, apakah nilai mobil pada saat dijual kembali bisa melebihi total harga yang telah dibayar? Tidak!

Membeli rumah apakah mengumpulkan aset?

Ya, walaupun Kita mengeluarkan uang untuk merawat rumah, membayar listrik, keamanan, sampah dan juga bunga kredit (misalnya membeli dengan KPR). Biasanya harga rumah setelah lunas akan lebih tinggi dibandingkan dengan total biaya-biaya yang dikeluarkan.

Tanah harganya akan naik terus karena jumlah manusia yang terus bertambah sedangkan tanah tidak bertambah. Terlebih lagi jika Kita membeli rumah di lokasi yang strategis dan berkembang.

Tetapi di sisi lain, jika sebuah perusahaan atau membeli mobil atau kendaraan untuk usaha maka ini disebut dengan aset.

Karena apa?

Kendaraan ini diharapkan dapat menghasilkan uang pada saat digunakan untuk kegiatan usaha. Misalnya kita bekerja sebagai pengemudi taksi daring, maka pembelian mobil ini bisa dianggap sebagai aset.

Dalam 5 tahun misalnya jika dihitung penghasilan sebagai pengemudi taksi daring plus ditambah nilai jual kembali seharusnya lebih besar dari total biaya perawatan dan cicilan. Kalau tidak kemungkinan besar kita akan gulung tikar sebelum mobil lunas.

Perusahaan  bisa mengurangi biaya pengiriman yang tadinya menyewa kendaraan digantikan dengan beli kendaraan.

Aset sendiri bisa terdiri dari aset kelihatan (tangible asset), seperti properti, pabrik, usaha dan lainnya. Bisa juga aset tidak kelihatan (intangible asset) seperti paten, tulisan (menghasilkan royalti), merek dan lain sebagainya.

Merek terkenal seperti Coca Cola itu bisa bernilai milyaran dollar. JK Rowling menjadi orang kaya karena menulis novel Harry Potter.

Mengumpulkan aset adalah jalan untuk menjadi kaya.

Ketika kita membeli jam yang berharga ratusan juta rupiah. Pastikan itu barang yang langka, karena tidak tertutup kemungkinan harganya akan semakin naik. Namun Bill Gates salah satu orang terkaya di dunia hanya menggunakan jam merek Casio yang berharga di bawah Rp. 200 ribu.

Membeli ponsel mahal bagi yang mampu, tidaklah menjadi masalah. Tetapi itu bukanlah mengumpulkan aset. Akan lebih bijak agar membeli sesuatu yang sesuai dengan kebutuhan.

Membeli reksadana yang walaupun nilainya hanya Rp 100 ribu adalah mengumpulkan aset. Begitu juga dengan kegiatan investasi lainnya.

Bijak dalam mengatur keuangan, itu yang terbaik.



Salam,
Hanya Sekadar Berbagi