Mohon tunggu...
Romeo Matthew A. P.
Romeo Matthew A. P. Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Hubungan Internasional, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

Romeo Matthew Alexandro Pantouw Hutasoit merupakan seorang mahasiswa Hubungan Internasional di salah satu kampus negeri di Jakarta yaitu Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta. Berada di semester 6, dengan IPK 3.85, Romeo memiliki minat terhadap isu-isu internasional, sebagaimana ia juga aktif dalam mengikuti dan memenangkan lomba seperti: Juara 3 LAPAN Space Debate (2017), Most Outstanding Delegate dalam Model United Nations Veteran Conference (2018), dan Best Delegate Model ASEAN Meeting sebagai Minister of Finance & Senior Officer Universitas Pertamina (2019). Diplomasi menjadi salah satu kajian & fokus dari Romeo, sebagaimana pernyataan mengenai diplomasi juga dinyatakan oleh Adolf Hitler, “When diplomacy ends, War begins.” Untuk itu, informasi dan pengaplikasian dari diplomasi merupakan hal yang perlu untuk disosialisasikan dan dijalankan oleh seluruh lapisan masyarakat Indonesia, sehingga Indonesia mampu menjadi negara yang mampu bersaing dan unggul dalam kontestasi hubungan internasional.

Selanjutnya

Tutup

Pulih Bersama

Romeo Matthew Pantouw: Abang None Jakarta Selatan Usung Program Resilient South dalam Urban 20 Mayors Summit

2 September 2022   20:33 Diperbarui: 2 September 2022   20:37 66 2 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Abang None Jakarta Selatan menjadi delegasi resmi mewakili kota administrasi Jakarta Selatan di Urban 20 Mayors Summit 2022 yang diadakan pada Selasa (30/8/22) di Hotel Fairmont Jakarta.

Sebanyak 4 (empat) perwakilan menjadi delegasi dari Ikatan Abang None Jakarta Selatan yang terdiri dari Nadaa Rivia Jauzaa, Louisa Syaura Mononutu, Romeo Matthew Pantouw, dan Naufal Rafif Siahaan, berpartisipasi pada U20 opening ceremony, plenary sessions, delegations official dinner, dan juga U20 World Bank side event dan United Nations development programme. Ikatan Abang None Jakarta Selatan (IKANS) menjadi yang pertama dan satu-satunya Abang None yang berpartisipasi dalam Urban 20 Mayors Summit.

Dok pribadi
Dok pribadi

Abang None Jakarta Selatan akan mengusung sebuah program berbasis Urban Resilience bernama Resilient South yang berfokus pada 3 (tiga) pilar, yaitu Ekonomi, Sosial dan Lingkungan, menjadi dasar atas terlibatnya Ikatan Abang None Jakarta Selatan sebagai delegasi dalam U20 summit kemarin. 

None Nadaa Rivia Jauzaa (Nadaa), selaku Ketua Delegasi Abang None Jakarta Selatan, menyatakan bahwa program tersebut akan diusung demi menyokong transformasi urban. 

"Dengan Resilient South, kami akan membawa hasil dari high level meeting ke grassroot level, dimana perwujudan dari program ini akan mengundang keterlibatan publik untuk merespon isu-isu ekonomi sirkular, kekerasan berbasis gender, dan mobilitas rendah emisi demi mewujudkan Jakarta Selatan sebagai Resilient City.", ungkapnya.

Program yang dirancang untuk jangka panjang ini adalah sebuah platform edukasi yang akan meningkatkan kesadaran serta melakukan pengembangan masyarakat, dimana program tersebut akan memiliki beberapa bentuk inisiasi, antara lain: konten edukatif, pesan pelayanan publik, aksi turun tangan, dan urban challenge. 

"Sebagai organisasi kepemudaan Kota Jakarta, Abang None memiliki potensi yang sangat besar untuk mengundang keterlibatan berbagai pihak, berpadu bersama mewujudkan Jakarta menjadi Kota Tangguh dengan berkontribusi dan berinovasi melebihi ambang batas.", tutur Ketua Delegasi Abang None Jakarta Selatan itu.

Dok pribadi
Dok pribadi

Untuk berpartisipasi, para delegasi juga telah diberikan arahan dan dukungan dari berbagai pihak seperti Wali Kota Jakarta Selatan, Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta, Kepala Biro Kerja Sama Daerah DKI Jakarta, serta Ketua Ikatan Abang None Jakarta Selatan. Nadaa juga menekankan bahwa arahan diberikan agar mereka dapat lebih tajam dalam menjalankan perannya guna mewujudkan program yang inovatif, adaptif dan kolaboratif, sehingga Jakarta dapat pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pulih Bersama Selengkapnya
Lihat Pulih Bersama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan