Mohon tunggu...
ROMEL BONIFASIUS MAWUNTU
ROMEL BONIFASIUS MAWUNTU Mohon Tunggu... Guru - artikel yang berhubungan dengan kesehatan dan pendidikan

Profesi saya adalah seorang guru dan perawat yang bersinergi dibidang pendidikan dan kesehatan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Aloe Vera untuk Penyembuhan Luka

16 Oktober 2021   16:48 Diperbarui: 16 Oktober 2021   17:03 90 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Aloe vera mengandung glukoman (polisakarida yang kaya akan manosa) dan gibberelin (faktor pertumbuhan) yang akan berinteraksi dengan reseptor-reseptor pada fibroblas, sehingga menstimulasi aktivitas dan proliferasi dari fibroblas, sehingga dapat meningkatkan sintesis kolagen. 

Selain meningkatkan sintesis kolagen, aloe vera juga meningkatkan komposisi kolagen terutama kolagen tipe lil. Aloe vera juga dapat meningkatkan kontraksi luka (Heggers, 1996: Chithra, Sajithlal, Chandrakasan, 1998)

Hasil penelitian tentang efek dari aloe vera terhadap penyembuhan luka diabetes pada hewan coba (Chithra, Sajithlal, Chandrakasan, 1998) menunjukan bahwa aloe vera dapat meningkatkan sintesis kolagen dan juga kontraksi luka pada tikus diabetes. 

Penelitian dari Banu, Sathyanarayana, & Chattannavar (2012) menyatakan bahwa aloe vera gel dapat menurunkan jumlah bakteri pada pasien dengan ulkus di kaki, diantaranya adalah ulkus diabetes. Bakteri yang termasuk didalamnya adalah staphylococcus aureus, Pseudomonas aeruginosa, Citrobacter koserii, Proteus vulgaris dan Enterobacter spp.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan