Pada kesempatan kali ini saya akan mengerjakan tugas Jurnal refleksi Dwi Mingguan Modul 1.2. Dimana pada modul 1.2 kali ini banyak hal yang saya pelajari. Maka dari itu kegiatan refleksi perlu sekali dilakukan untuk melihat kembali proses pembelajaran yang sudah dilakukan dengan lebih detail antara saya dengan peserta CGP, PP, Fasilitator dan Instruktur.
Ada 9 materi yang terdapat pada modul 1.2, yang mana semua materi itu dangt luar biasa dan saling terhubung satu sama lain. Jika memang materi tersebut diterapkan pada ekosistem sekolah sungguh akan menjadi hal yang ideal. Materi yang sudah saya pelajari antara lain:
1. 5 Dasar Kebutuhan Manusia
Dalam modul ini kita diajarkan tentang 5 kebutuhan dasar manusia yang harus dipenuhi, yaitu :
- Kebutuhan Bertahan Hidup (Survival) : Kebutuhan ini bersifat Fisiologis seperti makanan, pakaian, istirahat, tempat berlindung, keamanan dan kesehatan.
- Kasih Sayang dan Rasa Diterima : kebutuhan ini bersifat Psikologis seperti rasa diterima, dipedulikan, berbagi, bekerja sama, menjadi bagian dari suatu kelompok, dikasihi-mengasihi, disayangi-menyayangi
- Kekuasaan dan Penguasaan (kebutuhan pengkuan atas kemampuan)
- Kebebasan (kebutuhan akan pilihan) : kebutuhan untuk mandiri, otonom, memiliki pilihan, mengembangkan daya lenturnya, dan mampu mengendalikan arahnya sendiri.
- Kesenangan (kebutuhan untuk merasa senang)
2. Wiraga Wirama Ki Hajar Dewantara
- Wiraga (Periode 0-8 tahun) : jasmani (raga) dan indera anak tumbuh pesat sekali.
- Wiraga -- Wirama (9-16 tahun) : anak mulai berkembang pikirannya.
- Wirama (17-24 tahun) : guru pada rentang usia ini, menuntun dan menantang anak dalam hal pengelolaan diri dan pengenalan potensi dirinya.
3. Tahap perkembangan psikososial Erik Erikson
Membagi menjadi 8 tahap :
- Tahap 1 (0 -- 1.5 tahun) : harapan : Kepercayaan vs Ketidakpercayaan
- Tahap 2 (1.5 -- 3 tahun) : Tekad : Otonomi vs Rendah diri
- Tahap 3 ( 3 -- 5 tahun) : Tujuan : Inisiatif vs Rasa Bersalah
- Tahap 4 (5 -- 12 tahun) : Kompeten : Produktivitas vs Inferioritas
- Tahap 5 (12 -- 18 tahun) : Loyalitas : Identitas vs Kebingungan peran
- Tahap 6 ( 18 -- 40 tahun) : Cinta : Keintiman vs Isolasi
4. Perumpamaan Otak 3-in-1 (Triune) Manusia Menggunakan Tangan
- Otak Reptil : mengelola semua otomatisasi dan reflek di tubuh demi kelangsungan hidup kita, sehingga mampu mengkonservasi energi yang digunakan otak.
- Otak Mamalia : bertanggung jawab soal emosi. Bagian otak ini adalah pusat emosi (takut, sedih, marah, senang, jijik, terkejut, dan lin-lain), bertanggungjawab atas dinamika hormon dan sistem kekebalan tubuh.
- Otak Berfikir (Otak Luhur -- Otak Primata) : mengelola kemampuan berpikir (logis, rasional, terstruktur), kemampuan berbahasa, perencanaan dan pemecahan masalah, berimajinasi (mengenai masa depan, visi).
5. Manusia Merdeka: Berdaya dalam Memilih
Manusia merdeka, yaitu: mereka tidak terperintah, mereka dapat menegakkan dirinya, tertib mengatur perikehidupannya, sekaligus tertib mengatur perhubungan mereka dengan kemerdekaan orang lain.