Mohon tunggu...
Noer Rohmah Diah A
Noer Rohmah Diah A Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi

Mahasiswi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pentingnya Pembelajaran SDM di STIAMAK Barunawati Surabaya

30 Juli 2021   21:29 Diperbarui: 30 Juli 2021   21:31 218 48 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pentingnya Pembelajaran SDM di STIAMAK Barunawati Surabaya
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Perkenalkan nama saya Noer Rohmah Diah A, saya adalah mahasiswi dari STIAMAK Barunawati Surabaya Semester 4 NIM : 19110066. Artikel ini dibuat dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana pentingnya pembelajaran SDM di STIAMAK Barunawati Surabaya untuk mahasiswa/i.

Sumber Daya Manusia (SDM) adalah individu produktif yang bekerja sebagai penggerak suatu organisasi, baik itu di dalam institusi maupun perusahaan yang memiliki fungsi sebagai aset sehingga harus dilatih dan dikembangkan kemampuannya. Pengertian sumber daya manusia makro secara umum terdiri dari dua yaitu SDM makro yaitu jumlah penduduk dalam usia produktif yang ada di sebuah wilayah, dan SDM mikro dalam arti sempit yaitu individu yang bekerja pada sebuah institusi atau perusahaan. 

Yang kita tahu, Sumber Daya Manusia sendiri memiliki peranan yang sangat penting bagi perusahaan. Maka dari itu manfaat dari pemberian pembelajaran ini akan menjadi aset penting bagi mahasiswa nantinya ketika bekerja, karena keberhasilan perusahaan dapat diraih karena adanya karyawan yang kompeten dalam perusahaan tersebut. Dengan kualitas kinerja yang baik dari karyawan akan memberikan efek yang positif pada karyawan maupun perusahaan itu sendiri. Setiap perusahaan yang mampu bersaing harus memiliki SDM yang berkualitas dan kompeten. Namun untuk membentuk karyawan dengan kinerja yang baik, tentunya perusahaan harus memberikan sebuah program pelatihan dan pengembangan bagi setiap karyawan di perusahaannya.

Manfaat mempelajari SDM, untuk menggali potensi manusia dalam organisasi sehingga dapat dimanfaatkan seoptimal mungkin. Ketiga, manusia memiliki cita-cita untuk mencapai tujuan yang diinginkan melalui jalur karir yang ditempuhnya.  Manfaat pelatihan dan pengembangan SDM antara lain:

1.  Dapat mempersiapkan tantangan yang akan datang.
2.  Mampu beradaptasi dengan cepat dalam kemajuan teknologi maapun alat-alat baru.
3. Mempu bersaing dengan pesaing-pesaingnya.
4. Mampu memberikan produk atau jasa yang berkualitas sehingga akan meningkatkan citra positif perusahaan.
5. Mempersiapkan karyawan untuk kenaikan jabatan.

Dengan pembelajaran SDM juga  seseorang mungkin untuk dijadikan karyawan atau partner kerja dalam hal strategi bisnis. Seperti contoh bagaimana seorang Hrd melakukan rekrutmen, dia akan melihat karakter,sikap, dan sebagainya dari orang yang mengikuti rekrutmen agar tidak salah pilih karyawan. 

Sekian penjelasan yang bisa saya sampaikan. Kurang lebihnya mohon maaf, jika ada saran agar saya lebih baik lagi dalam menulis artikel kedepannya mohon disampaikan.

Wassalamualaikum Wr. Wb

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN