Mohon tunggu...
ROGANDA MARTINA SIAHAAN
ROGANDA MARTINA SIAHAAN Mohon Tunggu... Guru - Profesi saya adalah seorang guru.

saya memiliki hobby menulis dan memiliki kepribadian yang baik. Saya juga menyukai konten konten tentang pendidikan.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Best Practice PPG 2022

7 Desember 2022   15:37 Diperbarui: 7 Desember 2022   15:49 858
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. pribadi
Dok. pribadi
Dok. pribadi
Dok. pribadi
Dok. pribadi
Dok. pribadi
Dok. pribadi
Dok. pribadi
Dok. pribadi
Dok. pribadi
Dok. pribadi
Dok. pribadi
Dok. pribadi
Dok. pribadi
Dok. pribadi
Dok. pribadi
Dok. pribadi
Dok. pribadi
Dok. pribadi
Dok. pribadi
Dok. pribadi
Dok. pribadi

Dok. pribadi
Dok. pribadi
Dok. pribadi
Dok. pribadi
Dok. pribadi
Dok. pribadi

LK 3.1 Menyusun Best Practice PPL 4

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice)  Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)

Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran

 


Lokasi

SMA Negeri 3 Pematangsiantar

Lingkup Pendidikan

SMA

Tujuan yang Ingin Dicapai

 

LK 1.1 Kolom Identifikasi Masalah

Meningkatkan  Keaktifan Peserta Didik Pada Materi Interaksi Desa Kota dengan Menggunakan Model Problem Based Learning

Penulis

Roganda Martina Siahaan

Tanggal

23 November 2022

Situasi

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

LK 1.1 Kolom Analisis Identifikasi Masalah

Latar belakang masalah dari praktik pembelajaran ini adalah:

  • Guru kurang menguasai model pembelajaran PBL
  • Guru kurang memahami sintak model pembelajaran PBL
  • Guru kesulitan dalam menerapkan model pembelajaran inovatif.
  • Kegiatan pembelajaran yang bersifat monoton yaitu metode ceramah

     Praktik pembelajaran ini menurut saya penting untuk dibagikan karena saya kira banyak rekan guru yang mengalami permasalahan yang sama dengan permasalahan yang saya alami, sehingga praktik ini diharapkan selain bisa memotivasi diri saya sendiri juga diharapkan bisa menjadi referensi atau inpirasi bagi rekan guru lain.

     Saya yang berperan sebagai guru mempunyai tanggung jawab untuk melakukan proses pembelajaran ini secara efektif, dengan menggunakan metode, media, dan model pembelajaran yang tepat dan inovatif sehingga tujuan pembelajaran dan motivasi belajar siswa dapat meningkat sesuai dengan yang diharapkan.

 

Tantangan:

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat?

 

 

 

 

 

LK 1.2 Kolom Eksplorasi Penyebab Masalah

     Dari analisis hasil kajian wawancara dan literatur, penyebab dari tujuan pembelajaran yang ingin dicapai yaitu Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Materi Interaksi keruangan Desa Kota antara lain:

Motivasi belajar siswa rendah

Kurangnya penggunaan media pembelajaran yang tepat untuk mengilustrasikan materi pelajaran

Metode pembelajaran yang digunakan guru bersifat monoton

Kurangnya penggunaan model pembelajaran inovatif

Dari penyebab diatas tantangan yang dihadapi oleh guru adalah:

Guru lebih maksimal dalam memotivasi peserta didik melalui proses pembelajaran yang menyenangkan.

Guru menggunakan model pembelajan inovatif yang sesuai dengan karakteristik materi pelajaran

Guru menggunakan metode pembelajaran yang bervariatif.

Guru menggunakan media pembelajaran yang tepat dan menarik bagi siswa.

Dilihat dari keempat tantangan tersebut bisa di simpulkan bahwa tantangan yang dihadapi melibatkan guru dari sisi kompetensi yang harus dimiliki guru yaitu kompetensi pedagogik dan profesional sedangkan dari sisi siswa adalah motivasi belajar serta kepala sekolah dalam menyediakan sarana untuk mendukung kegiatan pembelajaran.

Aksi:

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/strategi apa yang digunakan/bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat /Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini

Langkan_langkah yang harus di lakukan oleh guru sesuai tantangan yang dihadapi antara lain:

Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik

Strategi yang dilakukan oleh Guru untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik adalah dengan merancang pembelajaran yang berpusat pada siswa  dan kemudian Guru mengembangkannya pada RPP.

Proses pengembangan RPP yang berpusat pada siswa yaitu guru menentukan kegiatan kegiatan apa saja yang akan dilakukan agar siswa terlibat secara langsung sehingga membuat siswa lebih termotivasi dalam proses pembelajaran

Sumber daya yang diperlukan dalam pemilihan metode ini antara lain pemahaman/kompetensi guru akan pembuatan RPP dan juga kreatifitas merancang kegiatan-kegiatan yang membuat siswa lebih termotivasi dalam pembelajaran.

Menggunakan model pembelajaran inovatif

Strategi yang dilakukan guru adalah memilih model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik matreri. Disini guru menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL)

Proses pemilihan model ini pertama guru mempelajari apa saja model-model dalam pembelajaran, lalu memahami karakteristik siswa dengan melihat kemampuan dasar dan kebiasaan siswa. Lalu melihat karakteristik materi dengan mempelajari materi pembelajaran yang terdapat di buku.

Sumber daya yang diperlukan dalam pemilihan metode ini antara lain pemahaman/kompetensi guru akan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan juga pemahaman guru akan materi pembelajaran.

Menggunakan metode pembelajaran bervariatif

  • Strategi yang dilakukan guru dalam pemilihan metode pembelajaran adalah dengan memahami karakteristik materi

Disini guru memilih metode pembelajaran yang akan digunakan adalah Eksperimen, Penugasan, Tanya-Jawab dan Diskusi

  • Proses pemilihan metode ini pertama guru mempelajari apa saja metode-metode dalam pembelajaran, lalu memahami karakteristik siswa dengan melihat kemampuan dasar dan kebiasaan siswa. Lalu melihat karakteristik materi dengan mempelajari materi pembelajaran yang terdapat di buku
  • Sumber daya yang diperlukan dalam pemilihan metode ini antara lain pemahaman/kompetensi guru akan metode-metode pembelajaran dan juga pemahaman guru akan materi pembelajaran.
  • Menggunakan Media Pembelajaran
  • Strategi yang dilakukan guru dalam pemilihan media pembelajaran adalah dengan memilih media pembelajaran yang dirasa tepat dan sesuai dengan materi pelajaran juga sesuai karakteristik siswa, selain itu guru juga bisa memilih media pembelajaran yang dikuasainya baik dalam pembuatan dan juga pengoprasian.Disini guru memilih media pembelajaran berbasis Audio Visual
  • Proses pembuatan media ini dimulai dari mempelajari materi yang akan dibuat medianya, kemudian guru merancang desain menu-menu apa saja yang perlu ada di dalam video pembelajaran tersebut.
  • Sumber daya yang diperlukan untuk membuat media pembelajaran ini antara lain Laptop, pengetahuan guru dalam membuat video pembelajaran yang menarik serta Proyektor untuk menampilkan video pembelajaran.

 

Refleksi Hasil dan Dampak

Bagaimana dampak dari aksi dari langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif? Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut.

Dampak dari aksi dan langkah langkah yang dilakukan dirasa hasilnya efektif dan dapat dilihat dari:

  1. Penggunaan Model pembelajaran PBL dan kegiatan yang berpusat pada siswa sangat meningkatkan motivasi belajar peserta didik
  2.  Penggunaan media pembelajaran berbasis audio visual sangat membantu pemahaman siswa pada materi Interaksi keruangan Desa Kota dibuktikan dengan hasil pembelajaran siswa diatas KKM

Penggunaan metode yang bervariatif sangat efektif untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik terlihat dari keaktifan siswa saat pembelajaran

Desain kegiatan yang berpusat pada siswa sangat meningkatkan keaktifan belajar siswa saat proses pembelajaran.

     Respon siswa terhadap kegiatan pembelajaran ini adalah bahwa kegiatan pembelajaran sangat menyenangkan dan penerapan  model, metode serta medianya  juga mudah dipahami.

     Faktor keberhasilan pembelajaran ini ditentukan oleh penguasaan guru terhadap model, metode serta media pembelajaran dan langkah- langkah pada rencana pelaksanaan pembelajaran yang telah dibuat.

     Pembelajaran yang bisa diambil dari proses dan kegiatan yang sudah dilakukan guru adalah menjadikan  guru lebih kretaif dan inovatif dalam memilih model, metode dan media pembelajaran untuk membuat proses belajar mengajar sesuai dengan yang diharapkan serta menambah pengetahuan dan wawasan  guru terkait model, metode dan media pembelajaran.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun