Mohon tunggu...
Syahiduz Zaman
Syahiduz Zaman Mohon Tunggu... Dosen - UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Penyuka permainan bahasa, logika dan berpikir lateral, seorang dosen dan peneliti, pemerhati masalah-masalah pendidikan, juga pengamat politik.

Selanjutnya

Tutup

Book Pilihan

Resensi Buku "The Best American Humorous Short Stories"

3 Juni 2024   05:31 Diperbarui: 3 Juni 2024   05:53 80
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Cover buku "The Best American Humorous Short Stories". (Sumber: internet)

Buku klasik "The Best American Humorous Short Stories" adalah sebuah kumpulan cerita pendek humor Amerika yang telah dirancang untuk menghibur dan memberikan wawasan tentang kehidupan Amerika melalui lensa komedi.

Kompilasi ini menggabungkan karya dari berbagai penulis terkemuka, termasuk beberapa nama besar seperti Mark Twain dan Edgar Allan Poe, serta beberapa penulis yang mungkin kurang dikenal tetapi telah memberikan kontribusi penting terhadap genre sastra humor Amerika.

Setiap cerita dalam antologi ini dipilih karena kemampuannya tidak hanya untuk memancing tawa, tetapi juga untuk mengkritik, memparodikan, dan menggambarkan nuansa sosial dan budaya dari waktu mereka. 

Misalnya, cerita "The Celebrated Jumping Frog of Calaveras County" oleh Mark Twain mempergunakan dialog yang khas dan situasi yang menggelikan untuk mengkritik obsesi masyarakat dengan kompetisi dan penipuan. 

Sementara itu, "The Duplicity of Hargraves" oleh O. Henry menggambarkan sebuah pertemuan antara karakter dari Selatan yang bangga dengan seorang aktor yang memanfaatkan kesempatan untuk mendapatkan uang, menunjukkan ironi dan kesalahpahaman sosial.

Pendekatan ini tidak hanya mencerminkan kelihaian naratif para penulis dalam menggabungkan humor dengan komentar sosial, tetapi juga menunjukkan bagaimana humor bisa digunakan sebagai alat untuk kritik sosial. 

Setiap cerita, dengan cara uniknya masing-masing, menggambarkan aspek tertentu dari masyarakat Amerika, memberikan wawasan yang lebih luas ke dalam nilai, harapan, dan ketakutan mereka, sambil tetap menghibur pembaca.

Koleksi ini juga menunjukkan evolusi cerita humor Amerika dari waktu ke waktu, dimulai dari humor yang lebih situasional dan anekdot hingga humor yang lebih berfokus pada karakter dan ironi verbal. 

Ini memberikan gambaran tentang bagaimana kepekaan humor berubah sesuai dengan perubahan dalam masyarakat dan apa yang dianggap lucu atau relevan dalam konteks sosial yang berbeda.

Terdapat 18 cerita pendek yang ditulis oleh penulis yang berbeda. Ditulis di zamannya, mulai akhir tahun 1800an dan awal 1900an.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Book Selengkapnya
Lihat Book Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun