Mohon tunggu...
Robby Maulana
Robby Maulana Mohon Tunggu... Penulis -

No special with me, it's a simple

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Gara-gara Diabetes Millitus

31 Januari 2018   10:21 Diperbarui: 31 Januari 2018   14:02 511
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Diabetes atau biasa orang awam katakan yaitu kencing manis, ini adalah sebuah penyakit dimana kadar gula darah menumpuk didalam sel darah dan tidak bisa diproses lebih jauh oleh tubuh manusia. Seharusnya gula ini bisa menghasilkan energy bagi tubuh manusia, ketika penyakit ini menyerang tubuh manusia secara otomatis tubuh akan terasa lemes aja. Biasanya penyakit ini bisa diturunkan dari orang tua kepada anaknya atau penyakit keturunan dan bisa juga gaya hidup yang kurang sehat karena terlalu berlebihan mengkonsumsi gula. 

Menurut beberapa para ahli bahwa Diabetes ini bisa menimbulkan beberapa komplikasi dan itu sangat banyak sekali komplikasinya salah satnya gangren atau luka karena diabetes. Inipun yang sering saya temui di Rumah Sakit pada pasien dengan diagnosa diabetes

yang pernah saya temui, pada saat saya sedang praktek di Rumah Sakit milik pemerintah waktu ini. Kebetulan saya dapat di ruang bedah kelas III. Disana ada pasien ibu-ibu yang luka Diabtesnya sangat parah sekali. Saya sering masuk keruaangannya karena keluarga sudah panik dan gelisah dengan keadaan ibu itu. Saya sering memberikan motivasi agar ibu itu tetap tegar dalam menjalani cobbaan ini. 

Kemudian dari pihak tenaga kesehatan mulai dari dokter dan perawat, memutuskan untuk mengamputasi kaki ibu itu, karena sudah tidak bisa disembuhkan lagi, karena sudah membusuk kakinya dan tercium sangat bau sekali. Awalnya keluarga sempat menolak dengan keputusan itu. Tetapi setelah beberapa hari kemudian akhirnya keluarga dan pasien setuju dengan keputusan yang diambil oleh tim kesehatan. Karena salah satu jalan keluarnya yaitu amputasi, tidak ada yang lain lagi. 

Nampak sekali pasien dan keluarga sudah pasrah sekali dengan keadaannya, kemudia saya pun kembali memasuki ruangan. Kebetulan pasien ini adalah pasien yang saya tangani dan saya rawat, secara otomatis saya harus intensif datang keruangannya. Tugas saya disini sekarang saya harus benar-benar mensupport dan memotivasi pasien agar tetap tegar dan semangat dalam menjalani kehidupannya. Dan memenuhi kebutuhan psikologis ini sangat penting pada saat ini, karena agar tidak terjadi depresi pada pasien ini. 

Akhirnya, pasien masuk ruang operasi dan setelah itu kaki pasien sebelah kiri dalam keadaan tidak sempurna seperti dahulu. Gara-gara diabetes semua bisa berubah. Efek keganasan dari Diabetes yang banyak terjadi di masyarakat. Mungkin kalau lukanya masih kecil ataupun tidak terlalu parah masih bisa diobati dan diberikan perawatan, Insha Allah sudah sembuh. Tetapi ini sudah sangat parah sekali akkhirnya Dokter dan tim kesehatan memutuskan untuk mengamputasinya karena tidak ada jalan keluar lagi selain itu. 

Inilah kisah yang pernah saya temui, Inilah gara-gara diabtes, inilah keganasan diabetes. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun