Mohon tunggu...
Rizqiya Anindia
Rizqiya Anindia Mohon Tunggu... Administrasi - Mahasiswa

Mahasiswa Universitas Diponegoro yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN)

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Sosialisasi Strategi Efektif dalam Pemasaran Produk pada Pelaku UMKM di Dusun Somopuro

13 Agustus 2022   18:32 Diperbarui: 13 Agustus 2022   18:40 142
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto : bersama Ibu Ristifani (pemilik usaha telur asin) pada 6 Agustus 2022

Boja, Kendal (13/08/22). Mahasiswa Universitas Diponegoro pada Minggu ke V telah melaksanaan program kerja Monodisiplin Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang dilaksanakan oleh Rizqiya Anindia dengan topik "Strategi Pemasaran Efektif Pada Pemasaran Produk " pada Sabtu (6/08/22) bersama para pelaku UMKM di Dusun Somopuro.

Strategi pemasaran adalah kumpulan langkah usaha atau bisnis yang sudah dikombinasikan baik dari level pengenalan produk hingga membuat konsumen melakukan pembelian pada produk. Strategi pemasaran secara komprehensif meliputi 4P yaitu: product, price, place dan promotion. Selain itu Strategi pemasaran yang efektif dapat dilakukan dengan mengenal target pasar, merencanakan tujuan pemasaran, melakukan marketing mix, melakukan promosi dan iklan, lebih meningkatkan brand awareness, memberikan sesuatu dengan gratis, meningkatkan penggunaan ponsel.

Foto : bersama Ibu Rosidah (pemilik usaha telur asin) pada 6 Agustus 2022
Foto : bersama Ibu Rosidah (pemilik usaha telur asin) pada 6 Agustus 2022

Sosialisasi mengenai Strategi Pemasaran Efektif Pada Pemasaran Produk bertujuan agar dapat membantu meningkatkan ekonomi para pelaku UMKM di Dusun Somopuro. Mengetahui bahwa strategi pemasaran juga dapat dilakukan baik secara ofline, namun Mahasiswa memfokuskan dengan menggunakan sarana media online dalam pemasaran produk. Pelaksanaan dilakukan melalui koordinasi bersama para pelaku UMKM yaitu Bandeng Presto dan Telur Asin yang ada di Dusun Somopuro.

Foto produk : Bandeng Presto dan Telur Asin
Foto produk : Bandeng Presto dan Telur Asin

Sosialisasi yang dilakukan pada pelaku UMKM yaitu Ibu Rosidah (pemilik usaha bandeng presto) dan Ibu Ristifani (pemilik usaha telur asin) dengan penjelasan materi menggunakan power point, dilanjutkan dengan pendampingan dalam melakukan edit feeds berupa foto atau video yang menarik pada media online salah satunya yaitu instagram. Diharapkan dengan pendampingan ini dapat meningkatkan dalam penjualan produk dan peningkatan pendapatan dengan promosi online, dan harapannya promosi secara online dapat dilanjutkan kedepannya baik oleh pelaku UMKM itu sendiri atau kerabat terdekat.

Oleh : Rizqiya Anindia (Administrasi Publik /2019)

DPL: dr. Dodik Pramono, M.Si., Med

Lokasi : Desa Bebengan, Kecamatan Boja, Kabupaten Kendal.

KKN Tim II Universitas Diponegoro 2021/2022

Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun