Mohon tunggu...
I Ketut Suweca
I Ketut Suweca Mohon Tunggu... Dosen - Dosen - Pencinta Dunia Literasi

Kecintaannya pada dunia literasi membawanya suntuk berkiprah di bidang penulisan artikel dan buku. Baginya, hidup yang berguna adalah hidup dengan berbagi kebaikan, antara lain, melalui karya tulis.

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Artikel Utama

Inilah Strategi yang Efektif dalam Membangun dan Menjaga Loyalitas Pelanggan!

25 April 2024   17:12 Diperbarui: 28 April 2024   13:19 496
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi pelanggan langganan. Sumber: Shutterstock via KOMPAS.com

Bagi organisasi bisnis, konsumen atau pelanggan adalah kelompok yang sangat penting untuk "dipegang". Sebab, kepada mereka, pebisnis bergantung. Sebab, merekalah yang membeli dan menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan.

Oleh karena itu, membangun dan menjaga hubungan baik dengan pelanggan atau konsumen adalah hal yang wajib dilakukan jika ingin perusahaan tetap eksis, tumbuh dan berkembang dengan baik.

Dalam artikel ini, penulis akan kemukakan apa yang dimaksud dengan loyalitas pelanggan dan bagaimana strategi membangun loyalitas dimaksud. Selanjutnya, dibahas pula mengenai bagaimana menjaga atau mempertahankan loyalitas yang sudah terbangun. Tiga aspek itulah yang akan diuraikan dalam tulisan ini.

Memaknai Loyalitas Pelanggan

Apa yang dimaksud dengan loyalitas pelanggan? Loyalitas pelanggan pada umumnya dimaknai sebagai kecenderungan konsumen untuk membeli sebuah produk atau menggunakan jasa yang diberikan oleh suatu perusahaan dengan tingkat konsistensi yang tinggi.


Loyalitas konsumen atau konsumen merupakan kunci sukses, tidak hanya dalam jangka pendek bahkan terutama dalam konteks keunggulan bersaing secara berkelanjutan.

Menurut Tjiptono (2000), loyalitas konsumen adalah komitmen pelanggan terhadap suatu merek, toko atau pemasok berdasarkan sifat yang sangat positif dalam pembelian jangka panjang.

Dengan demikian, menjadi jelas bahwa loyalitas konsumen atau pelanggan itu sangat penting untuk diperhatikan dan dipertahankan. Sebab, konsumen atau pelangganlah yang menjadi pembeli atau pengguna setia barang atau jasa yang diproduksi dan ditawarkan. Tanpa konsumen, tidak bisa dibayangkan, untuk apa barang diproduksi dan untuk siapa layanan diberikan.

Membangun Loyalitas Pelanggan

Membangun loyalitas pelanggan sungguh bukanlah pekerjaan yang mudah. Organisasi bisnis harus memulainya dengan berangkat dari keinginan dan kebutuhan konsumen. Apa yang menjadi keinginan konsumen, itulah yang mesti selalu ada dalam pemikiran pebisnis.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun