Mohon tunggu...
Rizky Vida Kurniawan
Rizky Vida Kurniawan Mohon Tunggu... Freelancer - Mahasiswa

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

KKN Mandiri UM: Sosialisasi dan Pelatihan Digital Marketing untuk Membantu Pelaku UMKM di Masa Pandemi

28 Juli 2021   21:19 Diperbarui: 28 Juli 2021   21:32 76 1 0 Mohon Tunggu...

Pada tanggal 10 Juli 2021, dilaksanakannya sosialisasi dan pelatihan pembuatan video iklan, desain marketing dan digital marketing bersama pegiat UMKM Shingkara dari desa Banjararum, kecamatan Singosari, kabupaten Malang.

Hingga saat ini, pandemi Covid-19 membuat para pelaku usaha kesulitan mempertahankan omset penjualan mereka dikarenakan melemahnya ekonomi dan perdagangan semenjak diberlakukannya berbagai aturan baru untuk memutus rantai penyabaran virus Covid-19. Para pelaku usaha perlu menyesuaikan diri agar mampu bertahan disituasi yang cukup menyulitkan ini. Maka rekan-rekan mahasiswa KKN Mandiri dari Universitas negeri malang mengadakan sosialisasi dan pelatihan Digital marketing.

Digital Marketing bukan sekedar metode pemasaran di dunia maya saja, namun juga menjadi strategi penjualan yang sangat penting disaat pandemi. Dalam sosialisasi ini digital marketing yang dimaksud meliputi pembuatan flyer, bagaimana cara membuat konten instagram yang menarik, cara foto produk agar menarik, dan juga bagaimana membuat video iklan agar dapat menarik calon-calon customer. Rekan rekan mahasiswa menjelaskan berbagai teori dalam digital marketing tersebut. Bukan hanya teori, rekan-rekan mahasiswa juga memberikan tutorial yang langsung diikuti oleh para peserta.

Dokpri
Dokpri

Meski hanya menggunakan smartphone, para peserta dilatih untuk mampu membuat konten-konten yang menarik dan kreatif. Seperti bagaimana mendesain flyer dan membuat feed instagram yang menarik dengan aplikasi Canva. Juga bagaimana mengambil foto dari produk agar terlihat menjual. Para peserta dituntut untuk kreatif dan berani berinovasi dalam mengahasilkan sebuah konten-konten yang berguna untuk digital marketing. Semenjak pandemi masyarakat semakin aktif menggunakan smartphone dan ribuan foto/video hadir meramaikan media sosial. Oleh karena itu, wajib menjadi kreatif agar audiens atau target konsumen tidak merasa bosan.

Sosialisasi dan pelatihan ini dilaksanakan dirumah ketua UMKM Shingkara, yaitu Ibu Yani yang dihadiri 11 perwakilan dari pelaku UMKM Shingkara, semua kegiatan dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan. Para perwakilan pelaku UMKM yang seluruhnya adalah ibu-ibu tampak antusias mengikuti sosialisasi dan pelatihan digital marketing ini. Sosialisasi dan pelatihan ini berjalan dengan sangat baik tidak ada canggung pada peserta dan rekan-rekan mahasiswa. Peserta juga aktif dalam bertanya dan mengikuti tutorial yang diberikan oleh pemateri.

dokpri
dokpri

Setelah adanya sosialisasi dan pelatihan digital marketing ini diharapkan mampu meningkatkan media promosi sebaik mungkin, serta menciptakan iklan yang dapat menarik minat customer dengan begitu harapan kedepannya adalah penjualan dapat meningkat dan produk dari UMKM Shingkara ini dapat dikenal oleh masyarakat luas.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN