Mohon tunggu...
rizki surya
rizki surya Mohon Tunggu... menulis dan bercerita

mengalami melihat menceritakan

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan

Berbagai Upaya Dilakukan Pemkab Berau untuk Mencegah Corona

1 April 2020   05:45 Diperbarui: 1 April 2020   05:55 64 0 0 Mohon Tunggu...

Himbauan untuk tetap berada di dalam rumah guna antisipasi penyebaran Corona Covid-19 dilakukan oleh Bupati Berau, H. Muharram, dan jajarannya. Untuk memastikan masyarakat taat melaksanakan himbauan physical distancing, berbagai cara ditempuh Pemkab Berau.

Himbauan untuk physical distancing dan berada di rumah telah dikampanyekan melalui berbagai media. Selain itu, kebijakan seperti memberi sembako untuk warga terdampak Covid-19 juga akan dilakukan oleh Bapak Bupati. Kebijakan untuk menutup akses masuk dan keluar Kabupaten Berau untuk masyarakat juga akan dimulai.

Bapak Bupati didampingi Wakil Bupati, Kapolres, dan Dandim juga sempat turun langsung ke lapangan untuk mensosialisasikan physical distancing ke masyarakat. Dengan memberi pengertian secara langsung ke warganya, diharapkan masyarakat Berau akan lebih taat untuk mengurangi kegiatan sosial secara langsung.

Cara lain dilakukan Kapolres Berau bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Berau. Sebanyak 30 ribu lembar kertas berisi sosialisasi bahaya dan pencegahan Covid-19 disebar menggunakan helikopter. Berdasarkan informasi Tribun Kaltim, sasaran sosialisasi  pencegahan Covid-19 lewat udara tersebut adalah pemukiman padat penduduk dan tempat-tempat yang jauh.

Ketua PKK Berau, Hj. Sri Juniarsih Muharram juga mengajak dan menghimbau untuk melakukan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Himbauan ini disampaikan kepada seluruh ketua PKK Kecamatan. Hj. Sri Juniarsih menambahkan, PHBS bisa dimulai dari membiasakan mencuci tangan dengan sabun atau cairan disinfektan. Selain itu, mengurangi atau menunda pertemuan langsung juga merupakan bagian dari PHBS. Harapannya informasi dan himbauan mengenai PHBS bisa disebarkan di masing-masing pokja PKK kecamatan baik yang berada di wilayah pedalaman maupaun pesisir.

Berbagai cara sudah dan akan dilakukan Pemkab Berau untuk mencegah persebaran virus Covid-19. Dengan meningkatnya kesadaran dan pemahaman masyarakat akan bahayanya Covid-19, diharapkan bisa menghindarkan masyarakat Berau dari Corona. Untuk itu, sosialisasi akan terus dilakukan untuk mengingatkan kembali bahaya Covid-19 dan cara pencegahan yang bisa dilakukan masyarakat Berau.

VIDEO PILIHAN