Mohon tunggu...
Rizal Nur Hafidz
Rizal Nur Hafidz Mohon Tunggu... Mahasiswa

Mahasiswa Ilmu Komunikasi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Pengaruh Negatif Game Online terhadap Perkembangan Anak

4 Mei 2021   18:41 Diperbarui: 4 Mei 2021   18:42 71 0 0 Mohon Tunggu...

Di era modern ini perkembangan teknologi berkembang sangat pesat. Anak-anak dapat dengan mudah mengakses berbagai fitur yang ada di smarphone salah satunya adalah game online. Game Online adalah sebuah permainan yang di mainkan dengan menggunakan koneksi internet. Aplikasi game online yang muncul dan booming di era ini adalah Mobile Legends, PUBG, Free Fire, PES dan lain-lain. Fenomena game online telah menjadi sarana yang menyengkan bagi anak, namun juga memiki pengaruh buruk dalam perkembangan anak.

Anak-anak zaman sekarang sudah terbiasa menggunakan gadget dan bermain game online. Hal tersebut secara tidak langsung memberikan pengaruh negative terhadap perkembangan anak. Pengaruhnya adalah anak sering lupa waktu dan istirahat, kecanduan memainkan game online sehingga memiliki rasa keinginan bermain terus-menerus, akibatnya anak akan mengalami gangguan penyakit seperti mata minus karena setiap hari selalu menatap layar smartphone.

Selain itu game online juga dapat merusak moral dan perilaku sosial anak, karena anak akan cenderung memiliki sikap egois, tempramental, keras kepala, dan anak akan menutup diri dari dunia luar sehingga anak jarang berinteraksi dengan orang lain yang ada di sekitarnya.

Dalam hal ini peran Orang Tua sangatlah penting penting dalam perkembangan anak. Orang tua harus lebih tegas dalam mendidik anak, selalu mengingatkan anak agar tidak menghabiskan waktu hanya untuk bermain game online dan memberikan pemahaman bahwa bermain game online merupakan hiburan tetapi kegiatan belajar tetap nomor satu sehingga anak akan lebih paham dan mengerti.

VIDEO PILIHAN