Mohon tunggu...
Rita Yuliza
Rita Yuliza Mohon Tunggu... Guru - Guru IPA SMPN 9 SUNGAI PENUH

Saya adalah seorang guru yang suka menulis dan melakukan eksperimen di laboratorium

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Tak Perlu Angka Kecil untuk Berkibar di Dunia Pramuka

23 Oktober 2022   21:05 Diperbarui: 23 Oktober 2022   21:08 226
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Baru-baru ini Pramuka Kota Sungai Penuh mengadakan LOMBA TINGKAT REGU PENGGALANG III (LT III) di bumi perkemahan SMKN 2 Kota Sungai Penuh. Peserta yang menjadi target lomba adalah peserta fase D atau tingkat SMP. SMP Negeri 9 Sungai Penuh mengambil bagian dari kegiatan ini, mengirimkan beberapa siswa dan siswi terbaiknya, atas nama :  M. Rizki rifa akbar, Imran Harfahhrezi, Ikhsan yulius, M.Ikhsan, Fharis yukaiza, Faiza Fitra Aqbar, Agusti Ramadhani, Yudha tri ramandra, Lilis desma, Adinda, Helena natasya, Cantika aufa, Felli, Puja, Fani oktari dan Cheyra. Anak-anak tersebut didampingi oleh pendamping yang merupakan alumni SMPN 9 Sungai Penuh, yaitu Kevin, Armanda, Arya dan Mario.

Pembina pramuka SMPN 9 Sungai Penuh yaitu  Bapak Dodi ismon, Bapak wahnim, ibu Nelva yeni, dan ibu Emi septiani  yang selalu Standby dilokasi perkemahan, saat kami konfirmasi membenarkan adanya kegiatan tersebut. 

Beliau mengatakan bahwa kegiatan yang dilaksanakan adalah kegiatan resmi pramuka, yang tentunya sudah mendapatkan izin dari berbagai pihak yang dilibatkan, beliau juga menyampaikan rasa bangganya karna dipercaya untuk menjadi pembina pramuka SMPN 9 Sungai Penuh terutama pada kegiatan ini.

Ada serangkaian lomba yang diadakan selama lima  hari, antara lain lomba LKBB, Senam Pramuka, Poiner, Warta Vlog, Memasak, Yel-yel, Cam standar, pidato bela begara, pentas seni, dan Rengking 1 . 

Dari keseluruhan lomba tersebut SMP Negeri 9 Sungai Penuh mampu meraih beberapa gelar juara yaitu : Juara 3 Pionering, juara 1 Warta Vlog, Juara Harapan 1 Lomba memasak, juara 1 Lomba Pidato bela negara, juara 3 Cam standar, Juara 1 rengking 1 dan juara harapan 1 untuk pentas seni, selain itu secara umum SMPN 9 Sungai Penuh mendapatan juara harapan 2 untuk regu berprestasi baik regu putra maupun putri.

Helena Natasha, salah satu peserta yang ikut berpartisipasi dalam ajang tersebut menceritakan beberapa kejadian yang terjadi di bumi perkemahan saat kami wawancarai via telpon "Kami semua bekerja keras dan serius dalam kegiatan ini, tentunya dengan bantuan dari segala pihak, terutama kepala sekolah dan seluruh guru-guru di SMPN 9 Sungai Penuh yang secara bergantian datang mengunjungi kami dilokasi, kami lihat regu sekolah lain pun dikunjungi guru dan kepala sekolahnya, tapi gak serame kita. Kita hampir tiap hari dan tiap ishoma guru-guru bergantian datang berkunjung, itu menjadi kebanggaan tersendiri buat kami semua, bahkan ada guru yang rela datang  dari jauh, hujan-hujan bawa anaknya pake motor buat mengunjungi kami, sampe di lokasi malah ikut bantuin kami yang tendanya kebanjiran" kenangnya sambil tertawa.

Saat membawa pulang piala kemenangan, rasa syukur dan penuh haru berkecamuk dihati seluruh warga SMPN 9 Sungai Penuh, mungkin karna momok lomba yang selama ini di gaung-gaungkan membuat mental anak-anak di bidang kompetisi menjadi ciut. Namun di Pramuka semuanya berbeda, keadilan dan kejujuran begitu kental terasa, jiwa korsa para Pramuka-wan sejati tentunya akan menolak ketidak adilan dalam hal apapun, jadi.... tidak perlu angka kecil untuk menjadi bintang yang bersinar paling terang di ajang Pramuka...

Pramuka adalah bentuk keadilan yang sesungguhnya...

Salam Pramuka

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun