Mohon tunggu...
Riska PujaAprilia
Riska PujaAprilia Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Negeri Medan

Hobi membaca

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Siswa SD di Binjai dan Saentis

28 November 2022   18:00 Diperbarui: 28 November 2022   18:28 448
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

TUGAS PROJEK KELOMPOK 1

Putri Bunga Deby Purba, Riska Puja Aprilia, Nur Syahira Aulia, Romasda Limbong, Reza Anggraeni Br Milala

Mata Kuliah : Pendidikan Kewarganegaraan

Dosen Pengampu : Dr. Junita Friska, S.Pd.,M,Pd.

DAMPAK PANDEMI COVID-19 TERHADAP SISWA DI SD NEGERI 023971 BINJAI DAN SD NEGERI 107402 SAENTIS

Nur Syahira Aulia, Putri Bunga Deby Purba, Reza Anggreini Br Milala, Riska Puja Aprilia, Romasda Limbong

Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Medan
Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan
Dosen Pengampu : Dr. Junita Friska, S.Pd., M.Pd

Abstract
Pembelajaran daring yang telah berlangsung selama Pandemi Covid-19 telah memberikan dampak yang sangat besar bagi peserta didik. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana dampak dari Pandemi Covid-19 ini bagi siswa Sekolah Dasar. Penelitian ini dilaksanakan di SD 023971 dan SD 107402 Saentis. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian metode kualitatif deskriptif. Subjek yang digunakan dalam penelitiuan ini adalah guru sekolah dasar di SD 023971 dan SD 107402 Saentis. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa wawancara semi terstruktur, dokumentasi dan cacatan lapangan. Hasil dari penelitian ini adalah pandemic Covid-19 sangat memberikan dampak terhadap proses pembelajaran dan hal ini sangat mempengaruhi peserta didik. Pembelajaran daring yang terlaksana dirasa kurang efektif.
Kata Kunci : Dampak pandemic Covid-19, siswa sekolah dasar

Abstract:
Online learning that has taken place during the Covid-19 Pandemic has had a huge impact on students. The purpose of this research is to find out the impact of the Covid-19 Pandemic on elementary school students. This research was conducted at SD 023971 and SD 107402 Saentis. This research uses descriptive qualitative research method. The subjects used in this study were elementary school teachers at SD 023971 and SD 107402 Saentis. Data collection techniques used in this study were semi-structured interviews, documentation and field notes. The results of this study are that the Covid-19 pandemic has had a major impact on the learning process and this has greatly affected students. Online learning that is implemented is felt to be less effective. Several problems were found that affected children's learning processes during online learning, namely: decreased motivation to learn, constraints from parents, excessive use of gadgets, and decreased discipline in learning behavior.
Keywords: Impact of the Covid-19 pandemic, elementary school students
 
PENDAHULUAN
Pada akhir tahun 2019, berbagai negara di dunia mulai dikejutkan dengan wabah penyakit yang disebabkan oleh virus yang dikenal dengan Covid-19 (Corona Virus Diseases-19). Virus ini pada awalnya mulai berkembang di Wuhan, China dan menular sangat cepat ke berbagai negara di dunia sehingga oleh World Health Organization (WHO) dinyatakan bahwa wabah penyebaran virus covid-19 sebagai pandemi dunia saat ini. Penyebaran virus covid-19 menjadi penyebab angka kematian yang paling tinggi di berbagai negara dunia saat ini, bahkan banyak korban yang meninggal dunia (Ilpaj & Nurwati, 2020). Kondisi ini juga dihadapi Indonesia sehingga pemerintah melakukan berbagai upaya dan menelurkan berbagai kebijakan untuk mencegah penyebaran Covid-19 dan sekaligus menanggulangi dampak yang ditimbulkannya. Upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Indonesia salah satunya adalah dengan menerapkan himbauan kepada masyarakat agar melakukan physical distancing yaitu himbauan untuk menjaga jarak diantara masyarakat, menjauhi aktivitas dalam segala bentuk kerumunan, perkumpulan, dan menghindari adanya pertemuan yang melibatkan banyak orang. Bahkan, pada beberapa wilayah dengan tingkat persebaran Covid-19 yang sangat tinggi, pemerintah memberlakukan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) dengan harapan akan menurunkan tingkat persebaran Covid-19 (Wardah, 2021).

Sejalan dengan himbauan yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia yang mana menghimbau masyarakat untuk tetap jaga jarak agar mengurangi penyebaran virus covid 19 juga mengubah sistem pendidikan di Indonesia. Kemendikbud dalam Cahyanto (2021) melalui Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2020 tentang pedoman penyelenggaraan belajar dari rumah dalam masa darurat penyebaran Covid-19 memberlakukan regulasi untuk pemenuhan hak siswa untuk mendapatkan layanan pendidikan selama pandemi Covid-19. Hal ini bertujuan untuk melindungi warga satuan pendidikan dari dampak buruk Covid-19, mencegah penyebaran dan penularan Covid 19 di satuan pendidikan serta memastikan pemenuhan dukungan psikososial bagi guru, siswa, dan orang tua. Penyelenggaraan belajar dari rumah yang diberlakukan selama covid-19 disebut dengan pembelajarang daring. Pembelajaran daring ini pada dasarnya merupakan bentuk pembelajaran yang dilakukan dengan bantuan jaringan internet yang secara teknis dibantu dengan menggunakan beberapa alat perantara seperti laptop, komputer, gadget (smartphone), dan media lainnya.

Mengikuti surat edaran dari Kemendikbud maka sekolah harus menerapkan sistem pembelajaran dari rumah. Sekolah Dasar Negeri 023971 Binjai dan Sekolah Dasar Negeri 107402 SAENTIS merupakan sekolah yang juga menerapkan pembelajaran daring. Kedua sekolah tersebut merupakan sekolah dasar yang merupakan subjek penelitian kami. Dimana kami tertarik untuk membahas bagaimana penerapan pembelajaran daring dalam sekolah tersebut. Selanjutnya baru-baru ini sekolah sudah menerapkan pembelajaran seperti biasanya yaitu dengan tatap muka, maka kami juga akan membahas bagaimana sikap dan perilaku anak ketika belajar seperti biasanya atau tatap muka yang mana selama ini mereka telah belajar secara daring.

METODE PENELITIAN

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun