Mohon tunggu...
Riska Irmadhayeni
Riska Irmadhayeni Mohon Tunggu... Administrasi - Student of University Muhammadiyah of Riau

Student of University Muhammadiyah of Riau Faculty Economy & Bussiness

Selanjutnya

Tutup

Money

Sosial Media Kunci Pemasaran UMKM di Zaman Millenial

17 November 2019   17:56 Diperbarui: 17 November 2019   17:57 118
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Tingkat pengguna social media di Indonesia selalu meningkat drastis dari tahun ketahun, tercatat pada pertengahan tahun 2019 trend penggguna social media di Indonesia sebanyak 150 juta jiwa, mencapai 75% dari total penduduk di Indonesia. Pelonjakan drastis ini dianggap sebagai peluang bisnis yang mumpuni bagi berbagai kalangan pengusaha terutama pengusaha UMKM. Sudah banyak kita jumpai berbagai jenis online shop diberbagai social media seperti facebook, instagram, twitter dan masih banyak lagi. Facebook masih menjadi social media yang paling digemari para pengguna, tercatat sebanyak 130 juta orang yang menggunakan facebook dari 150 juta pengguna social media.

Panggunaan social media sebagai pebisnis dalam memasarkan bisnis UMKM memiliki pengaruh yang signifikan dalam menaikkan laba, karna orientasi bisnis semakin meluas dengan adanya pemasaran berbasis social media ini, di mana kita tahu lebih dari 70% penduduk Indonesia menggunakan social media sehingga semakin besar peluang bagi pebisnis untuk mencari dan menambah pelanggan. Maraknya penggunaan social media sebagai pengembang bisnis UMKM tentu saja menimbulkan tingkat persaingan yang semakin ketat, pebisnis harus  mampu  bertahan bahkan meningkatkan serta mengembangkan bisnisnya dengan berbagai macam inovasi agar tidak tersingkir dalam persaingan bisnis yang sudah sangat meluas.

Pebisnis harus mampu menggunakan social media seefektif mungkin untuk menaikkan laba dan menang dalam ketatnya persaingan bisnis berbasis social media, jika pebisnis secara pasif mengikuti arus persaingan tersebut maka pesaing dengan mudah akan mengambil alih pelanggan. Bahkan pebisnis sudah banyak yang menggunakan jasa embassador untuk meningkatkan mutu produknya di mata pelanggan, embassador yang dipakai pun tidak main-main, banyak bisnis online yang menggunakan jasa artis, penyanyi kondang serta berbagai selebgram untuk memasarkan produk unggulan mereka. Hal ini tentu menjadikan persaingan dunia bisnis online menjadi semakin ketat.

Berkembangnya bisnis online menunjukkan bahwa social media secara jelas menjadi kunci pemasaran UMKM Indonesia  dizaman serba millenial ini. Para pebisnis berlomba lomba untuk memasarkan produk mereka secara terus menerus di social media dengan harapan produk mereka dapat terjual hingga keluar kota bahkan keluar provinsi, bukan mustahil mereka dapat memasarkan produk mereka hingga keluar negeri.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun